Pelintasan Rawa Geni Ditutup, Ini Jalan Alternatif buat Warga Depok

Kompas.com - 21/04/2022, 15:51 WIB
|

DEPOK, KOMPAS.com – Penutupan akses pelintasan sebidang di Jalan Raya Rawa Geni berdampak bagi warga Cipayung ataupun Citayam yang ingin menuju ke kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Warga harus memilih jalan memutar, yang berkonsekuensi pada rute yang lebih jauh dan waktu tempuh yang lebih lama dari sebelumnya.

Ahmad Yani Nurdin (56), salah satu tokoh masyarakat di kawasan Rawa Geni, mengatakan, pelintasan sebidang di Rawa Geni sudah ada sejak dulu.

Baca juga: KAI Bakal Tuntut Pengemudi Mobil yang Tabrakan dengan KRL di Depok

Sebuah mobil tertabrak KRL di perlintasan kereta antara Stasiun Depok dan Citayam, Rabu (20/4/2022).  Jalan Rawa Geni macet total akibata kejadian itu. KOMPAS.com/CHAERUL HALIM Sebuah mobil tertabrak KRL di perlintasan kereta antara Stasiun Depok dan Citayam, Rabu (20/4/2022). Jalan Rawa Geni macet total akibata kejadian itu.

Mantan Ketua RT 003 RW 009, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, ini juga mengatakan, bahkan semenjak 30 tahun yang lalu, akses ini sudah bisa dipakai motor dan mobil dari Depok menuju Citayam atau sebaliknya.

“Saya mengambil kesimpulan, kalau sini ditutup, otomatis satu-satunya jalan kita lewat Dipo. Cuma di sana sangat disayangkan, posisi dua mobil saja enggak masuk,” kata Nurdin kepada Kompas.com (21/4/2022).

“Kalau yang punya kendaraan mudah saja, tapi yang enggak punya kendaraan kasihan kalau harus memutar. Yang naik ojek online dan sebagainya, setidaknya keluar biaya juga (karena rute lebih jauh),” ujar dia.

Baca juga: Mengaku Polisi, Pria Menghalangi Ambulans yang Membawa Pasien Darurat

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Kamis (21/4/2022), ada beberapa pelintasan kereta di antara Stasiun Citayam hingga Statiun Depok Lama.

Namun, memang tidak semuanya bisa dilewati oleh motor ataupun mobil. Tercatat hanya Jalan Dipo, Jalan Raya Rawa Geni (sekarang sudah ditutup), Jalan Raya Rawa Indah, Jalan Mesjid Al Ittihad, dan Jalan Laskar yang bisa dilewati mobil.

Sementara akses pengendara motor lebih banyak, yakni jalan-jalan sebelumnya ditambah Gang Kembang, Gang SMP, Jalan Haji Satiri, dan Jalan Haji Dul.

Baca juga: Catat, Ini 5 Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi

Ilustrasi perlintasan kereta di Jalan Laskar, Citayam, Depok.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi perlintasan kereta di Jalan Laskar, Citayam, Depok.

Berikut ini jalan pelintasan kereta di antara Stasiun Citayam – Stasiun Depok Lama:

- Jalan Dipo
- Gang kembang
- Gang SMP
- Jalan Raya Rawa Geni (sudah ditutup)
- Jalan Haji Satiri
- Jalan Raya Rawa indah
- Jalan Mesjid Al Ittihad
- Jalan Haji Dul
- Jalan Laskar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.