Mudik Lebaran Pakai Mobil Pribadi, Jangan Gelar Kasur di Kabin

Kompas.com - 20/04/2022, 16:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 membawa kendaraan pribadi mesti memerhatikan soal keselamatan. Termasuk keselamatan penumpang terutama yang punya anak kecil.

Ada kebiasaan yang kerap dilakukan saat bepergian bersama keluarga yaitu memodifikasi kendaraannya dengan menggelar kasur di kabin kendaraan selama perjalanan.

Tujuannya, agar anak nyaman rebahan dan tidak rewel mengingat jarak tempuh yang dilewati cukup jauh. Padahal dari sisi safety driving hal itu sangat berbahaya.

Baca juga: Mudik ke Bandung, Rincian Biaya Tol Kendaraan Golongan I dari Jakarta

Kabin mobil jadi kasur berjalanFoto: grandamericanadventures.com Kabin mobil jadi kasur berjalan

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menggelar kasur di kabin hanya diperbolehkan pada saat kendaraan berhenti, untuk pengemudi tidur. Tidak diperbolehkan dalam kondisi mobil bergerak.

“Saat kendaraan bergerak semua penumpang tanpa terkecuali wajib menggunakan safety belt,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony melanjutkan, perubahan kondisi kabin seperti menggelar kasur dalam kabin, dapat membuat efek yang lebih fatal apabila kendaraan terlibat kecelakaan.

“Bisa jadi justru perubahan kabin ini menimbulkan kecelakaan yang lebih parah, bisa malah fatal,” kata dia.

Baca juga: Toyota Crown Akan Meluncur Dalam Versi SUV

Kabin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jeep Compass

Sony menyarankan, meski anak-anak, tetap wajib duduk di jok kendaraan yang baik dan benar. Artinya, mereka harus duduk dengan tenang menggunakan sabuk pengamanan meski berada di baris kedua.

“Jika anak terlalu kecil, car seat bisa jadi solusi. Penggunaannya pun sudah dianjurkan oleh produsen kendaraan,” kata dia.

Bicara soal lelah, pengemudi bisa mengatur perjalanan serta komunikasikan dengan seluruh anggota keluarga untuk menyesuaikan kenyamanan pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.