Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 21/04/2022, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah membolehkan masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2022, setelah sebelumnya selama dua tahun mudik dilarang untuk mencegah Covid-19.

Untuk pilihan transportasi, tak sedikit yang mengandalkan mobil pribadi. Alasannya, dengan mengendarai mobil pribadi, bisa lebih fleksibel mengatur waktu dan biaya lebih ekonomis.

Baca juga: Diprediksi Macet, Waktu Tempuh Mudik ke Semarang Bisa Dua Kali Lipat

Kendati demikian, mudik dengan mobil pribadi perlu persiapan khusus, utamanya adalah menjaga kebugaran tubuh dan merawat performa mobil.

Ilustrasi: Arus Mudik di Jalur Selatan - Pemudik melintas di Jalan Wates KM 12, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, yang merupakan bagian dari jalur selatan Pulau Jawa, Senin (13/8/2012).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Ilustrasi: Arus Mudik di Jalur Selatan - Pemudik melintas di Jalan Wates KM 12, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, yang merupakan bagian dari jalur selatan Pulau Jawa, Senin (13/8/2012).

Kompas.com telah merangkum berbagai tips agar mudik dengan mobil pribadi aman dan nyaman, berikut di antaranya.

1. Fisik

Menjaga kondisi tubuh sebelum perjalanan mudik merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi tubuh agar tidak cepat kelelahan dan jatuh sakit.

Sebelum mudik mesti bugar. Pengemudi mesti tidur minimal enam sampai delapan jam. Kemudian pada saat di perjalanan, usahakan untuk melakukan tidur singkat dan bertenaga atau power nap setelah berkendara dua sampai empat jam.

Baca juga: Ini Jadwal One Way di Tol yang Dilakukan Pemprov Jabar Selama Mudik

Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh akan terasa lebih segar dan berkendara pun jadi lebih fokus. Selanjutnya, penuhi jugaasupan makanan bergizi saat santap sahur dan buka puasa.

Jika perlu, bisa pula mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Mudik menggunakan mobil memang nyaman dan mudah. Tapi, jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa jadi bumerang.Shutterstock Mudik menggunakan mobil memang nyaman dan mudah. Tapi, jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa jadi bumerang.

2. Persiapkan

Jangan mepet mempersiapkan barang bawaan pada saat mudik, tentu akan ada banyak barang yang dibawa, misalnya pakaian, buah tangan, atau keperluan barang lainnya.

Lakukan persiapan untuk mengepak barang minimal 2-3 hari sebelum hari keberangkatan. Waktu tersebut terbilang ideal dibandingkan mempersiapkan pada H-1 sebelum keberangkatan.

Kemudian, untuk memudahkan pengepakan, ada baiknya untuk memisahkan barang sesuai jenisnya. Jadi, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Baca juga: Diprediksi Macet, Waktu Tempuh Mudik ke Semarang Bisa Dua Kali Lipat

3. Pelajari rute

Sebelum memulai perjalanan, hendaknya Anda memahami rute yang akan dilintasi. Mulai dari jalur utama yang akan dilalui, mengetahui lokasi peristirahatan (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com