Jalur Mudik di Puncak Bogor Bakal Mulai Padat H-5 Lebaran 2022

Kompas.com - 20/04/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Bogor memprediksi arus mudik di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor akan mengalami kepadatan pada H-5 Lebaran tahun ini, atau 27 April 2022 mendatang.

Hal tersebut, sebagaimana diungkapkan Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Adrian karena cuti bersama sudah ditetapkan. Sehingga para pemudik akan ke wilayah terkait secara bersamaan.

"Karena sudah ditetapkan cuti bersama, jadi lonjakan arus lalu lintas akan meningkat satu hari menjelang cuti bersama. Itu diprediksi H-5 Lebaran," kata Adrian, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Bebas Ganjil Genap, Seberapa Realistis Mudik Pakai Mobil Listrik?

Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi arus lalu lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022).

Ia juga mengatakan bahwa selama Ramadan, akan diterapkan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

Rekayasa ini berupa sistem satu arah atau one way yang penerapannya dilakukan secara situasional dengan melihat volume kendaraan yang melintas.

"Mengingat arusnya sepi cenderung lengang, jadi tidak perlu dilakukan rekayasa. Hanya saja kami antisipasi kerahkan anggota pengaturan di titik-titik hambat antisipasi pada sore hari, jelang berbuka puasa," kata Adrian.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyebut pihaknya juga menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk yang melintasi jalur alternatif kawasan Puncak.

Baca juga: Hitung Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Naik Calya Atau Sigra

Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Kepadatan kendaraan menuju jalur wisata Puncak di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Menurutnya, kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

"Oleh sebab itu perlu adanya aturan pembatasan bus dan truk yang ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," katanya.

Dicky juga mengusulkan pembuatan lokasi parkir khusus kendaraan besar yang masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak.

Rencananya ada tujuh lokasi untuk pembangunan lokasi parkir ini, yakni Rest Area Cilember, Taman Wisata Matahari, Rest Area Lembah Nyiur, Rest Area Anggraeni, Rest Area Sinbad, Hotel Evergreen, dan Gunung Mas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.