Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Mudik di Puncak Bogor Bakal Mulai Padat H-5 Lebaran 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Satlantas Polres Bogor memprediksi arus mudik di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor akan mengalami kepadatan pada H-5 Lebaran tahun ini, atau 27 April 2022 mendatang.

Hal tersebut, sebagaimana diungkapkan Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Adrian karena cuti bersama sudah ditetapkan. Sehingga para pemudik akan ke wilayah terkait secara bersamaan.

"Karena sudah ditetapkan cuti bersama, jadi lonjakan arus lalu lintas akan meningkat satu hari menjelang cuti bersama. Itu diprediksi H-5 Lebaran," kata Adrian, Rabu (20/4/2022).

Ia juga mengatakan bahwa selama Ramadan, akan diterapkan rekayasa lalu lintas di jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur.

Rekayasa ini berupa sistem satu arah atau one way yang penerapannya dilakukan secara situasional dengan melihat volume kendaraan yang melintas.

"Mengingat arusnya sepi cenderung lengang, jadi tidak perlu dilakukan rekayasa. Hanya saja kami antisipasi kerahkan anggota pengaturan di titik-titik hambat antisipasi pada sore hari, jelang berbuka puasa," kata Adrian.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata menyebut pihaknya juga menyiapkan konsep pembatasan kendaraan besar seperti bus dan truk yang melintasi jalur alternatif kawasan Puncak.

Menurutnya, kemacetan yang terjadi di jalur alternatif sekitaran Puncak salah satunya disebabkan oleh bus dan truk yang lebarnya hampir sama dengan ruas jalan.

"Oleh sebab itu perlu adanya aturan pembatasan bus dan truk yang ke jalur alternatif Puncak, dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif," katanya.

Dicky juga mengusulkan pembuatan lokasi parkir khusus kendaraan besar yang masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak.

Rencananya ada tujuh lokasi untuk pembangunan lokasi parkir ini, yakni Rest Area Cilember, Taman Wisata Matahari, Rest Area Lembah Nyiur, Rest Area Anggraeni, Rest Area Sinbad, Hotel Evergreen, dan Gunung Mas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/20/142100315/jalur-mudik-di-puncak-bogor-bakal-mulai-padat-h-5-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke