Hitung Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Naik Calya atau Sigra

Kompas.com - 20/04/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mobil low cost green car (LCGC) alias mobil murah menjadi salah satu segmen terlaris di Indonesia.

Mobil murah diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan karena punya syarat rata-rata konsumsi bahan bakar dari pemerintah. Pada segmen ini, ada dua model yang tersedia di pasar, yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. 

Sebelumnya, ada Datsun Go+ Panca, tapi kemudian pihak merek kemudian menyatakan diri bangkrut dan berhenti beroperasi.

Dari kesimpulan hasil tes Kompas.com, rata-rata konsumsi BBM LCGC menghabiskan bensin mulai dari 14 kpl hingga 20 kpl. Selain itu, harga yang lebih murah membuat konsumen cukup banyak membeli LCGC sebagai kendaraan pribadi.

Baca juga: Pengamanan Mudik, Dirlantas Polda Metro Jaya Cek Jalur Arteri Pantura

Bagi yang berminat untuk mudik ke Surabaya melalui tol Jakarta-Surabaya dengan jumlah penumpang banyak, mobil murah 7 penumpang dapat menjadi pilihan.

Berikut estimasi biaya untuk bensin yang terpakai selama perjalanan mudik menggunakan mobil murah 7 penumpang di tol Jakarta-Suarabaya.

Berdasarkan perbadingan yang dilakukan oleh Kompas.com terhadap beberapa jenis LCGC 7 seater yakni Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Datsun Go+ Panca, dan Daihatsu Ayla, rata-rata BBM yang dikonsumsi yakni 13 kpl - 18 kpl untuk kombinasi pejalanan tol dalam kota. Sedangkan untuk tol dengan arus lalu lintasnya lebih lancar 19 kpl - 28 kpl.

Tarif tol Surabaya-Solo terbaru untuk kendaraan golongan I hingga VKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Tarif tol Surabaya-Solo terbaru untuk kendaraan golongan I hingga V

Selama mudik, diprediksi arus lalu lintas akan padat sehingga konsumsi BBM melalui jalan tol meningkat. Sementara itu, kapasitas tangki bahan bakar mobil segmen LCGC 7 seater berada di kisaran 36 liter.

Mengacu pada harga bahan bakar Pertamax per April 2022 Rp 12.500 per liter, maka pengisian bahan bakar full tank adalah sebesar Rp 450.000.

Sementara itu,  untuk penggunaan bahan bakar Pertalite per April 2022 adalah Rp 7.650 per liter. Jika melakukan pengisian bahan bakar full tank, maka akan menghabiskan biaya sekitar Rp 275.400.

Baca juga: Polres Pasuruan Siapkan Rekayasa One Way di Jalur Wisata

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.