Segini Konsumsi BBM Honda Civic RS Pemakaian di Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 19/04/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Rasa berkendara All New Honda Civic RS generasi terbaru masih sangat menyenangkan meski pendekatannya sudah jauh berbeda menjadi lebih modern dibanding sporty.

Hal tersebut karena salah satu model legendaris ini sudah didukung oleh beragam fitur canggih yang mampu menambah pengalaman berkendara, seperti paddle shift, driving mode, sampai adaptive cruise control.

Lantas, bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Diketahui, mobil ini menggunakan mesin pembakaran dalam 1.5L DOHC VTEC Turbo yang bisa menghembuskan tenaga sampai 178 PS dan torsi 240 Nm.

Baca juga: Cek Lokasi SPBU Pertamina dan Pertashop di Tol Trans Jawa

Honda Civic RSKOMPAS.com/Ruly Honda Civic RS

Sehingga di atas kertas, tingkat efisiensinya cukup baik namun tetap bisa menyajikan performa yang agresif. Apalagi, adanya mode berkendara, si pengemudi bisa menyesuaikan kebutuhan.

Dengan pengendalian normal di jalur perkotaan, redaksi mencatat tingkat konsumsi BBM Civic RS terbaru mencapai 10,4 kpl. Hasil ini diperoleh dari layar MID.

Maksud dari pengendalian normal ialah, seluruh fitur digunakan seperti air conditioner (AC) dan radio. Kemudian, putaran mesin juga tak terlalu digeber atau tinggi dengan kecepatan rata-rata 40 kpj.

Kondisi lalu lintas yang dilewati juga beragam, mulai dari lenggang sampai macet alias padat kendaraan.

Baca juga: Impresi Honda Civic RS di Perkotaan, Tetap Ganas tapi Lebih Sopan

Test drive All New Honda Civic RSKompas.com/Donny Test drive All New Honda Civic RS

Pada pengetesan ini, tekanan udara pada setiap ban juga tercatat 35 psi. Terkait gaya berkendara, test driver Kompas.com tidak menggunakan teknik eco driving.

Sementara untuk pengetesan jalur luar kota (lebih dari 100 km), didapat konsumsi BBM Civic RS 11,6 kpl. Padahal dalam trek ini, seluruh fitur telah digunakan termasuk Adaptive Cruise Control.

Dengan hasil tersebut, bisa dikatakan bahwa konsumsi Civic RS bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi, hasil pengetesan ini dapat berbeda pada setiap orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.