Cek Lokasi SPBU Pertamina dan Pertashop di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 19/04/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki masa mudik Lebaran 2022, PT Pertamina (Persero) siap memberikan pelayanan bagi para pemudik dengan menyiagakan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) khususnya yang berada di Tol Trans Jawa.

Seperti diketahui, dalam mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran yang diperkirakan berlangsung sejak 27 April hingga 1 Mei 2022, pengguna kendaraan perlu memperhitungkan jarak tempuh dan kondisi BBM yang tersisa.

Dengan volume BBM yang cukup, diharapkan para pemudik tidak kehabisan di jalan dan bisa terus melanjutkan perjalanan sampai tujuan.

Baca juga: Polda Metro Mau Terapkan Batas Kecepatan Maksimum di Arteri Jakarta

Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.ANTARA FOTO/SISWOWIDODO Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.

Dwi Puja Ariestya, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, memastikan kesiapan Pertamina untuk melayani konsumen di jalur Tol Trans Jawa.

"Ada 7 lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans Jawa antara KM 252 hingga KM 519. 3 SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519," ucap Dwi, dalam keterangan tertulis (19/04/2022).

Sementara itu, terdapat juga 4 SPBU lainnya di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), tepatnya di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260.

Baca juga: Kasus Panther Timbun Solar, Pengusaha Bus Bilang Sudah Sering Terjadi

Dwi menambahkan, layanan pengisian tambahan disiapkan di beberapa titik rest area yang lain berupa 8 unit Pertashop dan 1 unit SPBU modular.

"5 di antaranya di Ruas Tol A yaitu di KM 252, KM 275, KM 338, KM 456, dan KM 519. Sementara 4 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 519, KM 456, KM 294, dan KM 282," ujar Dwi.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan mobil siaga atau mobil yang membawa BBM kemasan apabila ada pemudik yang kehabisan BBM di tengah jalan tol.

Baca juga: Ingat, Ini Fungsi dari Marka Chevron di Jalan Tol

Pertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudikDok. Pertamina Pertamina tetap jamin ketersediaan BBM di Tol Trans Jawa selama larangan mudik

"Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik yaitu di pintu keluar tol Tegal, pintu keluar tol Kaliwungu, dan pintu keluar tol Ngemplak, Gondangrejo," kata Dwi.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengungkapkan, Pertamina akan menambah stok BBM di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan.

"Mobil tangki tersebut disebut dengaan istilah SPBU kantong," ucap Brasto.

Sebanyak 57 mobil tangki disiapkan di 57 SPBU baik di Tol Trans Jawa maupun di luar Tol Trans Jawa. Utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen baik itu di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.