Kenapa Nyetir Mobil Saat Puasa Jadi Gampang Ngantuk?

Kompas.com - 19/04/2022, 17:06 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Saat menjalankan ibadah puasa, tidak ada alasan untuk bermalas malasan, dan banyak dari kita yang dituntut untuk tetap beraktivitas. Salah satunya adalah aktivitas mengemudi.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 5-Seater

Namun, banyak pengemudi yang dilanda rasa kantuk saat mengemudikan mobil ketika berpuasa. Hal ini tentunya berbahaya dan mengancam keselamatan berkendara.

Menurut dokter umum, dr. Daniel Lienata mengatakan menyetir mobil butuh konsentrasi tinggi sehingga otak butuh energi yang cukup dengan menggunakan gula.

“Saat berpuasa terjadi penurunan gula darah di tubuh. Maka dari itu tubuh terasa lelah dan lemah,” kata Daniel baru-baru pada Kompas.com.

Ilustrasi microsleep, microsleep saat berkendaraShutterstock/lightpoet Ilustrasi microsleep, microsleep saat berkendara

Pada saat tubuh lemah dan lelah, berada di kabin mobil dengan AC akan membuat seseorang mengantuk

AC mobil yang terlalu dingin membuat tubuh bekerja ekstra untuk menghasilkan hangat, namun tubuh butuh energi untuk menjalankan fungsi tersebut.

Faktor lainnya yang membuat pengemudi mengantuk terjadi akibat gangguan pola tidur.

Baca juga: Inden All New HR-V di Jabar dan Banten Sampai September

“Misalnya tidur malam hari nya menjadi kurang dari 8 jam. Hal inilah yang membuat pengemudi masih mengantuk ketika aktifitas pagi harinya,” ujar Daniel.

Daniel menyarankan bagi pengemudi yang sedang berpuasa haruslah memiliki istirahat yang cukup. Mulai dari tidur malam yang cukup, tidur siang cukup, istirahat selama setengah jam setelah menyetir selama 4 jam berturut-turut.

Kemudian, jika  rasa kantuk muncul ketika di perjalanan, cuci muka dan lakukan peregangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.