Pengamanan Arus Mudik 2022, Polda Metro Jaya Turunkan 9.000 Petugas

Kompas.com - 19/04/2022, 17:03 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya terus mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengatur lalu lintas dan menjaga keamanan selama periode arus mudik Lebaran di tahun ini.

Salah satunya, seperti dikatakan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dengan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol guna meminimalisir terjadinya kemacetan panjang.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan 9.000 personel gabungan serta membangun pos-pos pengamanan dan pelayanan mudik.

Baca juga: Polisi Masih Survei Lokasi Jalan Arteri yang Akan Dipasang Kamera Batas Kecepatan

Ilustrasi mudik.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik.

“Kami sedang hitung semuanya, karena posnya juga banyak. Paling tidak perkiraan saya total keseluruhan itu di atas 9.000 personel gabungan,” kata dia dalam keterangannya, Selasa (19/4/2022).

Menurut Sambodo, jumlah personel dan pos komando yang disiapkan sebelum hingga sesudah Lebaran 2022 masih bisa bertambah. Sebab aparat juga harus melakukan pengamanan di sejumlah lokasi.

Adapun lokasi yang dimaksud ialah seperti terminal keberangkatan moda transportasi sampai dengan tempat wisata.

“Kami juga harus melaksanakan pengamanan terhadap tempat wisata pengamanan terhadap mal, pengamanan dan pelayanan di pusat-pusat keberangkatan moda transportasi,” kata Sambodo.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya memastikan tidak ada sanksi tilang terhadap pengendara yang melanggar ganjil genap di tol saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2022.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 5-Seater

Para pengendara yang nomor kendaraannya tak sesuai tanggal hanya akan diarahkan keluar dari jalan tol ke jalur arteri melalui pintu tol terdekat.

“Tidak ada tilang bagi pelanggaran ganjil genap pada saat one way di tol. Ketika menemukan ada kendaraan yang tidak sesuai tanggal, maka akan kami keluarkan ke pintu tol terdekat,” ucap dia.

Ia pun mengatakan, pada Lebaran tahun ini, tak ada lagi pos penyekatan untuk menghalau pemudik seperti tahun sebelumnya. Namun diimbau ke para pemudik agar selalu menjaga protokol kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.