Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Trik Jual Mobil Bekas Biar Cepat Laku

Kompas.com - 19/04/2022, 17:31 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang hari raya Lebaran, sebagian orang biasanya ada yang menjual barang demi memenuhi kebutuhan lain. 

Mobil menjadi salah satu barang yang bisa diperjual belikan saat Lebaran. Tapi saat akan menjual tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal ini dilakukan agar unit yang dijual tak hanya cepat laku saja, tapi juga bisa terjual dengan harga yang menguntungkan.

Herryanto, Manager Operation & Distribution bengkel CARfix mengatakan, salah satu cara menjual mobil bekas agar menarik adalah dari harga. 

Baca juga: Alternatif Pilihan Mobil Bekas Rp 80 Jutaan untuk Mudik Lebaran 2022

Namun bukan dengan menawarkan harga semurah mungkin. Tapi harus mensurvei terlebih dahulu banderol pasaran dari mobil yang akan dijual.

“Harus tahu pasar ya, artinya tahu bahwa mobil anda bernilai sekian. Jangan sampai menjual barang terlalu jauh dari harga pasar, itu bisa membuat mobil kita jadi sulit terjual," ujar Herryanto, saat ditemui Kompas.com,  Senin (18/4/2022).

"Bila menjual unit Toyota Avanza semisal harga pasar Rp 100 juta, dan anda jual Rp 150 juta, mana mungkin bisa ada orang yang akan membeli?," katanya.

Selain itu, Herryanto menyarankan pemilik jangan menjual mobil dengan apa adanya. Bila kondisi ekterior mobil kurang baik, sebisa mungkin dirawat agar terlihar bersih, demikian juga dengan interior. 

Bila perlu, calon penjual memperbaiki mobil hingga benar-benar sehat, baik luar maupun dalam. Paling penting lagi, simpan riwayat servis mobil, sehingga calon pembeli bisa tahu bila mobil dalam kondisi terawat.

 

Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Lapak Mobil tawarkan jasa titip jual mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Baca juga: Dipungut PPN 1,1 Persen, Pasar Mobil Bekas Bisa Syok

Calon penjual tidak perlu risau karena mengeluarkan anggaran lebih untuk detailing. Dengan kondisi mobil yang bersih dan sehat, tentunya akan berdampak meningkatnya harga jual.

“Jangan pernah menjual mobil dengan keadaan apa adanya. Buktikan kalau anda orang yang merawat kendaraan dengan baik, simpan juga riwayat servis karena itu akan menambah kepercayaan calon pembeli," tambah pria yang berdomisili di Semarang tersebut.

Kondisi Standar Lebih Disukai

Sementara itu, Pemilik showroom D23 Autocare Taufik Feby di Bandung, Jawa Barat, mengatakan, kondisi mobil yang masih tampil standar biasanya lebih menarik minat orang.

“Jadi kalau yang sudah dimodifikasi, usahakan dikembalikan ke standarnya. Komponen modifikasi bisa diberikan secara terpisah atau dijual secara online,” ujar Feby, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Otospector layanan inspeksi mobil bekasOtospector Otospector layanan inspeksi mobil bekas

Baca juga: Beli Mobil Bekas via Oper Kredit Kendaraan, Perhatikan Hal Ini

Selain itu, menjaga penampilan mobil dengan melakukan detailing serta poles bodi, diklaim dapat meningkatkan harga jual.

Terakhir, pastikan kelengkapan surat-surat hingga riwayat servis yang membuat calon pembeli lebih yakin dengan kondisi mobil yang diincar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com