MotoGP Masih Bertahan 21 Seri Musim 2022, Jepang Masih Tanda Tanya

Kompas.com - 19/04/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, MotoGP 2022 akan jadi musim yang terpanjang. Musim masih seperti jadwal terakhir, bertahan dengan jadwal total  21 seri balapan di sejumlah negara.

Dalam kontrak lima tahunan yang baru dengan semua tim, telah disepakati peningkatan anggaran. Sebagai gantinya, tiap tim juga harus siap untuk menjalani maksimal 22 seri. Tahun ini, 21 seri yang akan digelar.

Baca juga: Deretan Mantan Pebalap yang Menjadi Manajer Tim di MotoGP

Sebelumnya, jumlah seri paling banyak digelar adalah 20 seri. Bahkan, pada dua tahun terakhir ketika awal-awal pandemi, hanya 14 seri pada 2020 dan 18 seri di 2021.

Jadwal MotoGP 2022 Mandalikascreenshoot Jadwal MotoGP 2022 Mandalika

Beberapa sirkuit bahkan harus dua kali menjadi tuan rumah, seperti Sirkuit Portimao di Portugal dan Sirkuit Misano di Italia.

Untuk tahun ini, Dorna Sports masih berharap bisa menggelar semua seri, khususnya balapan di Jepang, Thailand, Malaysia, Australia, dan Finlandia.

Baca juga: Rencana Suzuki MotoGP Siapkan Tim Balap Moto2 hingga Tim Satelit

"Formula 1 digelar tiga pekan yang lalu. Jika mereka bisa tampil di sana, berarti kami juga," ujar CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (19/4/2022).

Sirkuit Portimao di PortugalDok. Indonesia.travel Sirkuit Portimao di Portugal

Ezpeleta menambahkan, jika rombongan MotoGP tidak diharuskan untuk melakukan karantina saat memasuki negara tersebut, maka balapan akan digelar di sana.

Untuk MotoGP Jepang masih jadi tanda tanya besar. Sebab, kebijakan karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri masih diberlakukan. Kondisi ini tidak memungkinkan bagi MotoGP karena jadwal yang padat.

Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022). AFP/KARIM JAAFAR Sebanyak 24 pebalap MotoGP berfoto di Sirkuit Lusail sebelum MotoGP Qatar 2022 yang dimulai pada hari ini, Jumat (4/3/2022) hingga Minggu (6/3/2022).

"Kami berasumsi bahwa regulasi soal karantina di Jepang akan dihapuskan. Jika masih diharuskan karantina, tentu saja kami tidak akan pergi," kata Ezpeleta.

"Kami berencana menggelar 21 seri dan tidak akan kurang dari 19 seri," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.