Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Suzuki MotoGP Siapkan Tim Balap Moto2 hingga Tim Satelit

Kompas.com - 18/04/2022, 03:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki saat ini jadi satu-satunya tim pabrikan di MotoGP yang belum memiliki tim satelit, sejak kembali ke MotoGP pada musim 2015.

Beberapa manajemen tim independen diketahui kerap mendapatkan tawaran dan coba melakukan pendekatan untuk menjadi tim satelit.

Hanya saja hingga saat ini belum ada yang menemui titik terang untuk bekerjasama dengan Suzuki sebagai tim klien.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jadwal One Way Selama Periode Mudik Lebaran

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Padahal Suzuki berencana jika memiliki tim satelit, sebagai sarana untuk menjaring pebalap muda berbakat di masa depan.

Namun, Suzuki kerap kalah dalam menjaring pembalap muda dari pabrikan-pabrikan lain yang punya tim di kelas junior seperti Honda, KTM, dan Yamaha.

Ducati memang tidak memiliki tim junior, tetapi punya tiga tim satelit. Oleh sebab itu, Suzuki ingin punya tim satelit atau bahkan tim Moto2 untuk mendapatkan pebalap muda berbakat.

Baca juga: Honda Luncurkan Skutik Baru, Cocok Jadi Pesaing Yamaha Fazzio

"Sampai saat ini tim satelit di Suzuki belum bisa kami wujudkan, sehingga kami harus cari cara lain untuk mengembangkan pebalap muda," ujar Livio Suppo, Manajer Team Suzuki Ecstar, dilansir dari Paddock GP (18/4/2022).

"Kami tahu kalau Suzuki bukanlah pabrikan yang superior, tetapi kami juga tidak payah. Kami bisa membuat pebalap jadi juara," kata Suppo.

Apabila Suzuki secara terus-menerus tidak melakukan pencarian pebalap berbakat dari kelas junior, Suzuki bakal selalu kalah dari pabrikan lain.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan per April 2022

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).AFP/ JUAN MABROMATA Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat mengikuti balapan MotoGP Argentina 2022 yang dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (3/4/2022).

Terlebih para rivalnya juga sudah sangat apik dalam mengembangkan pebalap. Sedangkan di Moto2 dan Moto3 juga masih ada pebalap andal yang tak terikat pabrikan.

“Proyek Suzuki di Moto2 akan sangat menarik, seperti KTM, mereka sudah memberikan kesempatan besar bagi pebalap muda ke MotoGP," ucap Suppo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.