Motor Sport Fairing Enggak Punya Standar Tengah, Ini Alasannya

Kompas.com - 17/04/2022, 14:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan roda dua umumnya menyematkan standar tengah buat sepeda motor, yang berfungsi untuk menopang bobot motor agar seimbang sewaktu parkir. Meski begitu, ada sejumlah motor yang tidak memakai komponen ini.

Umumnya motor-motor di segmen sport full fairing yang dijual di Tanah Air, seperti Honda CBR150R, Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150 tidak pakai standar tengah. Sementara motor bebek atau matik masih punya komponen tersebut.

Endro Sutarno dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, ada beberapa alasan motor sport full fairing tidak dipasang standar tengah oleh pabrikan.

Baca juga: Catat, Ini 4 Jadwal One Way Selama Periode Mudik Lebaran

Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motorDok. DAM Ilustrasi merawat standar tengah pada sepeda motor

"Untuk motor sport full fairing dia mempunyai konsep racing, jadi begitu menikung akan rebah," ujar Endro, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Endro, alasan absennya standar tengah pada motor sport karena pertimbangan keamanan dan keselamatan, terutama saat berkendara di jalan raya.

"Kalau ada standar tengahnya saat rebah akan bergesekan dengan aspal. Apalagi kalau standar tengah itu biasanya ada untuk injakan kaki, otomatis posisinya agak keluar nanti bisa berbahaya," ucap Endro.

Baca juga: Honda Luncurkan Skutik Baru, Cocok Jadi Pesaing Yamaha Fazzio

Endro juga menambahkan, absennya standar tengah tidak hanya pada motor sport cc kecil saja. Namun juga berlaku bagi motor sport kelas big bike.

"Kalau big bike seperti Honda X-ADV atau Gold Wing tetap ada standar tengah, karena konsepnya tidak racing atau tidak dipakai di sirkuit," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.