Sepele tapi Penting, Posisi Paling Benar Menyimpan Kartu Tol dan Uang di Mobil

Kompas.com - 17/04/2022, 15:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Saat mengendarai mobil, tidak luput dari beberapa barang penunjang aktivitas yang harus dibawa serta. Berperan penting terutama saat situasi berkendara, barang-barang tersebut harus berada dekat dengan pengemudi.

Mulai dari kartu pembayaran tol, uang receh, ponsel serta dompet menjadi benda yang dibutuhkan pengemudi saat berkendara.

Namun, terkadang benda-benda ini malah membuat pengemudi kerepotan karena saat dibutuhkan sulit dicari.

Hal ini lantaran barang-barang tersebut tidak ditempatkan pada posisi yang tepat saat di mobil. Tentunya hal ini akan mengganggu kenyaman saaat berkendara.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan per April 2022

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan jika ada beberapa cara yang aman untuk menempatkan barang-barang tersebut di kabin mobil.

“Untuk barang-barang kecil seperti dompet, ponsel dan sebagainya lebih baik taruh di tempat yang tidak menghalangi pergerakan tangan saat memindahkan tuas persneling. Jadi lebih baik diletakan di tempat yang tidak mengganggu pengemudi, ” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Dashboard All New Ertiga Suzuki Sport Final FormKompas.com/APRIDAMEGANANDA Dashboard All New Ertiga Suzuki Sport Final Form

Pengemudi harus memisahkan barang-barang tersebut berdasarkan fungsinya dan ukurannya. Untuk ponsel yang tidak akan digunakan saat berkendara sebaiknya tidak taruh di atas dashboard.

Taruhlah di kursi samping atau kursi belakang. Hal ini akan membuat penglihatan pengemudi lebih leluasa tanpa terhalangi.

Dengan menaruh di kursi samping pengemudi juga akan mudah menemukan barang tersebut saat dibutuhkan.

Baca juga: Video All New Honda HR-V Turbo RS Mengeluarkan Asap Putih dari Knalpot


“Untuk kartu tol dan kartu untuk pembayaran lainnya paling baik di taruh di tempat kartu atau di tempat koin yang ada di kanan dashboard,” kata Roslianna.

Namun, Roslianna menyebutkan jika tidak semua jenis mobil memiliki tempat kartu. Akan tetapi setiap jenis mobil selalu memiliki tempat menaruh benda-benda kecil.

Agar benda-benda tersebut tetap dekat dan mudah di cari oleh pengemudi, sebaiknya taruh di tempat penyimpanan barang-barang kecil yang disediakan oleh mobil. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak mengganggu aktivitas mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.