Jeep Dukung Elektrifikasi, Siap Luncurkan Mobil Listrik

Kompas.com - 15/04/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil listrik di Indonesia mulai ramai dengan kemunculan sejumlah produk dari berbagai merek.

Pemerintah juga mulai ambil peran demi mendorong pertumbuhan mobil listrik. Salah satunya dengan penerapan pajak karbon yang dikenakan bagi orang pribadi atau badan, yang membeli barang yang mengandung karbon atau melakukan aktivitas yang menghasilkan emisi karbon.

Guna mendukung era elektrifikasi di Tanah Air, PT DAS Indonesia Motor selaku distributor Jeep di Tanah Air mengungkapkan rencana untuk menghadirkan Electric Mobility jenis Plug-In Hybrid maupun Battery Electric Vehicle (BEV).

Baca juga: Biaya Perawatan Jeep Compass Sampai 5 Tahun, Siapkan Rp 60 Jutaan

Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT DAS Motor Indonesia mengatakan, berdasarkan segmentasi dan peluang dasa kemungkinan besar model Plug-In Hybrid Jeep Wrangler 4xE akan meluncur lebih dahulu ke Tanah Air.

Jeep Wrangler 4xewww.jeep.com Jeep Wrangler 4xe

“Kami bergantung dari strategi market Jeep untuk Asia. Model Wrangler ini banyak peminat, sementara Wrangler 4xe ini mesinnya besar dan bisa lebih irit BBM dengan Plug-In Hybrid-nya, jadi untuk dipakai macet-macetan juga mumpuni," ucap Dhani saat Jeep Indonesia & Media Iftar Ramadhan 2022 di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2022).

Sedangkan untuk kendaraan murni listrik atau Battery Electric Vehicle (BEV) Junior Jeep, akan diluncurkan setelah Wrangler 4xE.

“Mungkin Junior Jeep yang BEV ada pada 2025. Kami menilai mobil ini cocok untuk langkah selanjutnya setelah Wrangler 4xE,” kata dia.

Baca juga: Polisi Sebut Faktor Penyebab Kemacetan saat Mudik Lebaran

Namun, pihaknya masih menunggu Jeep Wrangler 4xE dengan setir kanan yang sesuai peruntukannya untuk konsumen di Indonesia.

“Begitu sudah ada yang setir kanan, kita akan langsung bawa masuk ke Indonesia. Karena sudah banyak juga konsumen Jeep yang menanyakan,” katanya.

Adapun untuk waktu peluncurannya, Dhani belum bisa memastikan kapan kendaraan Plug-In Hybrid off road tersebut bakal mengaspal di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.