Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Mereda, Toyota Sebut Penjualan Secara Online Masih Kuat

Kompas.com - 15/04/2022, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan banyaknya warga yang sudah vaksin booster untuk Covid-19, perlahan aktivitas mulai kembali normal. Meski demikian, peran digital tetap menjadi andalan sebagian masyarakat.

Salah satunya bisa dilihat pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang belum lama ini digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran tersebut digelar secara online dan offline.

Baca juga: Veloz Jadi Salah Satu Kontributor Terbesar Penjualan Toyota

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, juga menilai penyelenggaraan IIMS tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu, karena terjadi peningkatan penjualan.

Mobil Elektrifikasi Toyota di IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Mobil Elektrifikasi Toyota di IIMS 2022

"Jadi, kalau di IIMS tahun lalu kira-kira 1.000 unit lebih, di tahun ini 1.400 unit lebih. Saya rasa mungkin berhubungan juga dengan timing yang tepat, sebelum lebaran dan juga ada beberapa produk baru di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujar Anton, saat Ngabuburit Bareng Toyota secara virtual, Kamis (14/4/2022).

Anton menambahkan, pihaknya juga sudah menduga hal tersebut. Menurutnya, penjualan produk-produk MPV, seperti Innova, Avanza, dan Veloz, serta Calya, merupakan mobil-mobil yang khas digunakan untuk mudik adalah yang paling laku.

Baca juga: Penjualan Toyota Naik Jelang Lebaran

"Walaupun sekarang pandemi sudah menurun kasusnya dan pameran otomotif sudah berjalan, tapi di dalam pameran ini penjualan melalui online atau digital masih tetap kuat," kata Anton.

Toyota AvanzaKompas.com/ApridaMegaNanda Toyota Avanza

"Kira-kira kalau tidak salah 30 persen sampai 35 persen dari penjualan kita di IIMS ini datangnya dari digital atau online," ujarnya.

Menurut Anton, ke depannya offline-online era ini masih akan berlanjut, walaupun pandeminya sudah mulai reda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com