Jangan Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Alasannya

Kompas.com - 15/04/2022, 15:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Wiper menjadi salah satu komponen penting yang ada di mobil. Bukan hanya sebagai pemanis saja, wiper berfungsi untuk menunjang keselamatan berkendara agar selamat sampai tujuan.

Wiper akan membantu membersihkan kaca mobil agar pandangan pengemudi lebih jelas saat berkendara. Selain menyapu objek yang mengahalangi kaca, terdapat pula tabung wiper yang dapat menyeprotkan cairan dari nozzle.

Baca juga: Update Program Recall Daihatsu Rocky di Indonesia

Beberapa pemilik mobil akan mengisi tabung wiper dengan air yang dicampur dengan shampo. Cara ini dianggap akan membuat kaca lebih bersih saat disemprotkan oleh air yang telah di campur sampo.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan air wiper yang di campur sampo akan mengganggu visibilitas berkendara.

“Lebih baik dihindari karena efek busa dari sampo terlalu banyak sehingga menyulitkan saat dibersihkan bahkan mengganggu penglihatan pengemudi,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Menurut Didi, baiknya cairan khusus pembersih kaca daripada menggunakan sampo. Cairan pembersih kaca lebih aman untuk permukaan kaca dan karet wiper.

Sampo terdiri dari komposisi yang diciptakan untuk rambut manusia, maka dari itu kandungannya tidaklah bersahabat untuk kaca mobil.

Busah yang diciptakan sangat banyak dan harus dibilas menggunakan air yang banyak. Jika ketersediaan air kurang, maka busahnya akan menghalangi kaca.

Baca juga: Toyota Fokus Jaga Kualitas Ekspor Fortuner ke Australia

Hal ini tentunya akan membuat pengemudi sulit melihat objek di luar kabin. Akan ada bahaya fatal yang mengintai apabila visibilitas pengemudi terganggu.

”Ada cairan khusus bagi wiper yang sudah tentu mengandung bahan untuk membersihkan kaca,” kata Didi.

Cairan wiper bisa ditemukan di toko aksesoris mobil. Harga yang ditawarkan juga beragam. Bahkan ada kemasan ekonomis yang harganya lebih murah dari sampo botol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.