Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belum Meluncur, Daimler Klaim Axor Euro 4 Sudah Kantongi Penjualan

JAKARTA, KOMPAS.com - Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), pemegang merek Mercedes Benz Truk dan Bus di Indonesia, bakal segera meluncurkan produk terbarunya Axor Euro 4, pada Juni 2022.

Meski terlambat, namun peluncuran produk ini menjadi jawaban terkait regulasi emisi gas buang dengan standar Euro 4 yang berlaku mulai April 2022. 

Head of Product Management & Marketing PT DCVI Faustina mengatakan, rencana peluncuran Axor Euro 4 di bulan Juni sebenarnya ada beberapa alasan di baliknya.

"Tadinya kita mau adakan di bulan Maret, tapi kita maunya diadakan secara offline sehingga bisa undang customer dan adakan test drive on road maupun off road," ucapnya di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Tetapi, saat diputuskan pada Maret diluncurkan, pihak DCVI tidak percaya diri kasus Covid-19 di Indonesia membaik. Karena itu dicari alternatif waktu lain yang lebih tepat dan sudah kondusif.

"Kalau April puasa, enggak bisa. Mei, karena ada Lebaran jadi sudah dipotong dua minggu dan ada dua long weekend, jaadi kita pilih Juni," ucap Faustina.

Walaupun diluncurkan Juni, DCVI sudah melakukan penjualan. Bahkan sudah ada konsumen yang membeli unit Axor Euro 4 dalam jumlah yang banyak.

"Penjualan kita sudah mulai, secara angka kita sudah jual sekitar 3 digit unit (ratusan). Namun pengiriman unitnya masih di bulan depan," ucap Faustina.

Mengenai Axor Euro 4, untuk memenuhi standar emisi tersebut, DCVI menambah sistem Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem ini menyemprotkan larutan urea (Adblue) ke gas buang sehingga mengurangi kadar Nitrogen Okside (NOx).

Selain SCR, pada komponen mesin juga ditambah dengan Zero Pressure Drain (ZPD) Unit Pump serta injektor yang baru. Hasilnya, tenaga dan torsi puncak dari Axor Euro 4 meningkat dibanding pendahulunya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/184200215/belum-meluncur-daimler-klaim-axor-euro-4-sudah-kantongi-penjualan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke