Tekan CO2, BMW Group Bakal Gunakan Pelek Ramah Lingkungan

Kompas.com - 13/04/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Group semakin melek soal isu lingkungan. Selain terus mengembangkan kendaraan rendah emisi, pabrikan asal Jerman ini juga akan membuat pelek ramah lingkungan.

Dikutip dari Thedrive.com, Rabu (13/4/2022), BMW berencana untuk membuat pelek dari sumber yang berkelanjutan dan menggunakan energi bersih pada 2024.

Baca juga: BMW Indonesia Resmikan Diler Pertama di Pekanbaru

Banyak yang menganggap sepele langkah tersebut. Padahal, jika dilihat secara luas, BMW Group bisa menghasilkan hingga 10 juta pelek setiap tahunnya. Material yang digunakan 95 persen dari aluminium.

BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkunganDok. Carbuzz.com BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkungan

Menurut BMW, dari pembuatan pelek saja sudah bisa menyumbang 5 persen dari jejak langkah CO2.

Jumlah tersebut terkesan sedikit, tapi jika dibayangkan tiap mobil memiliki lima pelek, dikalikan dengan jumlah mobil yang diproduksi, maka akan sangat banyak.

BMW akan menggunakan aluminium yang berkelanjutan. Material tersebut diklaim dapat mengurangi emisi hingga 500.000 ton CO2 setiap tahunnya.

Baca juga: Toyota Menjejalkan GRMN Supra Pakai Mesin BMW M, Tenaga Tembus 530 HP

Untuk diketahui, aluminium merupakan material yang bisa didaur ulang. Ketika pelek sudah tidak digunakan, komponen ini masih bisa dilelehkan dan digunakan untuk membuat benda lainnya.

Tapi, bukan BMW i4 yang akan mendapatkan pelek tersebut untuk pertama kali. BMW justru akan menyematkannya pada Mini Countryman generasi terbaru.

Mini Countryman lansiran 2023, akan menggunakan pelek dari 70 persen aluminium untuk awal. Setelah itu, baru peleknya akan menggunakan material yang lebih ramah lingkungan.

BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkunganDok. Carbuzz.com BMW Group akan bikin pelek dari material aluminium dengan teknologi yang ramah lingkungan

Perubahan tersebut sudah dilakukan secara bertahap, yang dimulai dari 2021. BMW sudah menggunakan pelek dari pemasok di Arab Saudi yang memanfaatkan energi cahaya matahari untuk memproduksi pelek.

Namun, BMW belum mengumumkan apakah ada keuntungan yang diberikan dari segi performa dengan menggunakan pelek aluminium tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.