Kompas.com - 13/04/2022, 12:32 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil listrik prototipe atap terbuka itu akan diselengarakan di sirkuit buatan di Ancol, Jakarta Utara.

Berbeda dengan Grand Prix of Indonesia yang ada tes resmi untuk mencoba lintasan Sirkuit Mandalika sebelum balapan resmi, maka Formula E Jakarta tidak melakukan hal itu.

Baca juga: Rencana Polisi Buka Posko Vaksin Booster di Rest Area KM 57 Tol Japek

Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).Dok. Istimewa Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).

Perwakilan Formula E Operation (FEO), promotor Formula E Nuno Fernandez, mengatakan, para pebalap akan mengenali trek dengan berjalan kaki dan mengecek kondisi sirkuit.

"Track walk, dan mereka akan mengecek dan memastikan dengan alat khusus untuk mengecek kemiringan untuk melihat kondisi aspal dan hal lainnya," katanya saat ditemui akhir pekan lalu.

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, tidak ada tes khusus seperti tes pramusim. Cara pebalap mengenal sirkuit dengan simulasi.

Baca juga: Satu Dekade Federal Oil Dukung Gresini Racing

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Untuk diketahui, sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval. Panjang lintasan 2,4 km dan jumlah 18 tikungan. Lebar sirkuit yaitu 12 meter dengan arus lintasan mengikuti arah jarum jam.

Irawan mengatakan lebar trek 12 meter cukup untuk mobil Formula E. Sebab dengan lebar tersebut mobil masih punya cukup ruang untuk bisa menyalip lawan.

"Kalau di jalan raya, jalan dengan 3 jalur itu lebar standarnya 10,5 meter," kata Irawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.