Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formula E Jakarta 2022 Pakai Tes Resmi Seperti Mandalika?

Kompas.com - 13/04/2022, 12:32 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta 2022 akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil listrik prototipe atap terbuka itu akan diselengarakan di sirkuit buatan di Ancol, Jakarta Utara.

Berbeda dengan Grand Prix of Indonesia yang ada tes resmi untuk mencoba lintasan Sirkuit Mandalika sebelum balapan resmi, maka Formula E Jakarta tidak melakukan hal itu.

Baca juga: Rencana Polisi Buka Posko Vaksin Booster di Rest Area KM 57 Tol Japek

Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).Dok. Istimewa Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara setelah selesai pengaspalan Minggu (10/4/2022).

Perwakilan Formula E Operation (FEO), promotor Formula E Nuno Fernandez, mengatakan, para pebalap akan mengenali trek dengan berjalan kaki dan mengecek kondisi sirkuit.

"Track walk, dan mereka akan mengecek dan memastikan dengan alat khusus untuk mengecek kemiringan untuk melihat kondisi aspal dan hal lainnya," katanya saat ditemui akhir pekan lalu.

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, tidak ada tes khusus seperti tes pramusim. Cara pebalap mengenal sirkuit dengan simulasi.

Baca juga: Satu Dekade Federal Oil Dukung Gresini Racing

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Untuk diketahui, sirkuit Formula E dibangun di kawasan Pantai Karnaval. Panjang lintasan 2,4 km dan jumlah 18 tikungan. Lebar sirkuit yaitu 12 meter dengan arus lintasan mengikuti arah jarum jam.

Irawan mengatakan lebar trek 12 meter cukup untuk mobil Formula E. Sebab dengan lebar tersebut mobil masih punya cukup ruang untuk bisa menyalip lawan.

"Kalau di jalan raya, jalan dengan 3 jalur itu lebar standarnya 10,5 meter," kata Irawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com