Kupas Cara Kerja Smart Hybrid Suzuki yang Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 08/04/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki sudah mulai melakukan edukasi teknologi hybrid kepada masyarakat Indonesia. Tahap awal dilakukan ketika membawa Ertiga Diesel yang dibekali Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Kali ini, teknologi hybrid yang dibawa jauh lebih baik dibanding versi sebelumnya. Suzuki melakukan penyempuraan banyak dari sistem kerjanya sehingga mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar optimal.

Tahap edukasi kedua pun sudah dimulai, dengan memamerkan platform mobil yang sudah dibekali teknologi Smart Hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Suzuki Segera Luncurkan Mobil Hybrid di Indonesia

Langkah tersebut dilakukan agar masyarakat jauh lebih mengenal teknologi Smart Hybrid terbaru Suzuki yang akan disematkan pada salah satu model terlarisnya di Indonesia.

Meski belum bisa diinformasikan secara resmi, tapi bisa diketahui dari pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Dia mengatakan Suzuki akan meluncurkan Ertiga dan XL7 bermesin hybrid di Indonesia.

Sasis Calon Mobil Hybrid SuzukiKOMPAS.com - Aditya Maulana Sasis Calon Mobil Hybrid Suzuki

“Tentunya kami lebih matang dalam menghadirkan teknologi hybrid ini. Banyak penyempurnaan yang kami lakukan, tentunya dilakukan dengan kondisi di Indonesia,” ujar 4W Product Development PT SIS Yulius Purwanto di lantai pameran IIMS Hybrid 2022 belum lama ini.

Adapun cara kerja dari teknologi Smart Hybrid Suzuki ini, lanjut Yulius mirip seperti Idling Start Stop. Ketika kondisi mobil sedang deselerasi atau tidak di gas, serta pada kecepatan rendah hingga berhenti, maka sistem akan mematikan mesin.

Selama mesin mobil mati, seluruh kebutuhan daya listrik seperti AC, lampu dan lainnya akan disuplai oleh aki.

Baca juga: Suzuki Sebut Hybrid Pilihan yang Tepat untuk Era Elektrifikasi

“Lalu untuk kebutuhan daya listrik pada layer instrument dan sistem hiburan akan disuplai dari baterai lithium ion. Ini yang membedakan teknologi SHVS dengan Smart Hybrid yang kita pamerkan sekarang, punya baterai Lithium Ion,” tutur dia.

Selanjutnya, apabila mobil kembali berakselerasi dari posisi diam, maka fitur Integrated Smart Generator (ISG) akan membantu menyalakan mesin dan menjaga putaran mesin agar dapat bekerja pada putaran optimal.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.