Kompas.com - 04/04/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mengentak lantai Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, dengan memajang motor listrik Yamaha E01.

Motor ini sebelumnya hadir di Bangkok Motor Show 2022. Kehadiran Yamaha E01 ini membuat publik dan pengunjung bertanya-tanya kapan motor motor listrik tersebut resmi meluncur.

Baca juga: Pilihan MPV Murah di Bawah Rp 300 Juta di IIMS Hybrid 2022

Menanggapi "tetangganya" yang mulai memajang Nmax bertenaga listrik, Astra Honda Motor (AHM) yang sejak 2019 memperkenalkan PCX Electric mengatakan, masih menunggu waktu yang tepat sebelum benar-benar melansir motor listrik ke masyarakat.

Honda PCX ElectricKOMPAS.com/Gilang Honda PCX Electric

"Kita sebetulnya motor listrik juga sudah ada PCX Electric," ujar Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya yang ditemui di JIExpo, saat pembukaan IIMS Hybrid 2022, Kamis pekan lalu.

"Jadi kalau kami lihat, kami sudah punya rencana secara berahap, tentu kami akan masuk ke motor listrik ini tapi sambil melihat apa yang dibutuhkan konsumen, kemudian infrastruktur seperti apa yang dibutuhkan," ujarnya.

Jika Yamaha E01 masih berupa versi produksi dan belum dijual. Maka PCX Electric meski belum dijual secara retail ke umum, tapi sebetulnya sudah disewakan ke beberapa pihak.

Baca juga: Spesifikasi Honda CBR1000RR-R Fireblade SP di IIMS Hybrid 2022

Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha E01

Penyewaan unit PCX Electric tersebut menyasar ke perusahaan transportasi, mulai ojek online atau rental kendaraan bermotor di Indonesia.

Disinyalir, masih tingginya banderol baterai pada motor listrik membuat opsi penjualan belum feasible saat ini, sehingga sistem sewa dijadikan langkah untuk pengenalan teknologi listrik.

"Motor listrik ini (kami lihatnya), satu kebutuhannya pasti performa, kedua safety, ketiga kenyamanan. Jadi tiga kombinasi ini yang akan kami terus lihat perkembangannya seperti apa," ungkap Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.