Kompas.com - 02/04/2022, 08:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada ajang Indonesia Interational Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Yamaha Indonesia turut meramaikan dengan menghadirkan beragam tipe motor.

Selain motor konsep Yamaha E01 yang cukup bikin orang penasaran, masih ada lagi daya tarik dari booth ini. Salah satunya berkat motor milik tim Monster Energy Yamaha MotoGP Team, yakni Yamaha YZR-M1 tunggangan Fabio Quartararo.

Usut punya usut, motor ini merupakan versi 2021 yang membawa Quartararo menjadi juara dunia kelas para raja.

Baca juga: Alasan Kenapa Kijang Innova EV Cuma Dipamerkan 1 Hari di IIMS 2022

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Secara umum, YZR-M1 2021 yang dipakai Quartararo tidak memiliki perbedaan spesifikasi dengan kepunyaan rekan setim Maverick Vinales.

Dari sisi tampilan, motor ini mengusung paduan warna hitam dan biru khas Yamaha. Kemudian, desain motor ini memiliki sayap tambahan untuk meningkatkan sisi aerodinamika.

Di mana fungsi utamanya untuk menambah gaya tekan ke bawah saat akselerasi.
Beranjak ke bagian rangka, YZR-M1 2021 menggunakan sasis aluminium twin tube dengan konstruksi Deltabox, dengan bobot hanya 157 kg.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Isi BBM Full Tank Avanza-Xenia Tembus Rp 537.500

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Sementara kaki-kaki mengusung sokbreker lansiran Ohlins, dengan jenis upside down pada bagian depan, dan monoshock di bagian belakang.

Berlanjut ke bagian pelek, motor ini ditunjang pelek 6 palang berukuran 17 inci berbahan magnesium yang dibalut dengan ban Michelin.

Sistem pengereman dilengkapi dengan dua buah cakram berbahan karbon ditemani dengan kaliper model floating 4-piston dari Brembo.

Baca juga: Kisaran Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Sedangkan untuk sistem penghenti laju di bagian belakang juga menggunakan kaliper 4-piston dari Brembo dipasangkan dengan single stainless-steel rear disc.

Bicara soal mesin, motor ini mengusung dapur pacu 1.000 cc DOHC 4-silinder 16-katup liquid cooled yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 240 tk dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.

Motor balap Quartararo ini bisa dilihat di booth Yamaha, yang terletak di Hall C. Anda bisa mengabadikan atau sekadar mengambil foto, namun tidak diperkenankan menyentuh atau duduk di atas motor tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.