Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat dari Dekat Motor Juara Dunia MotoGP di IIMS 2022

Kompas.com - 02/04/2022, 08:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada ajang Indonesia Interational Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, Yamaha Indonesia turut meramaikan dengan menghadirkan beragam tipe motor.

Selain motor konsep Yamaha E01 yang cukup bikin orang penasaran, masih ada lagi daya tarik dari booth ini. Salah satunya berkat motor milik tim Monster Energy Yamaha MotoGP Team, yakni Yamaha YZR-M1 tunggangan Fabio Quartararo.

Usut punya usut, motor ini merupakan versi 2021 yang membawa Quartararo menjadi juara dunia kelas para raja.

Baca juga: Alasan Kenapa Kijang Innova EV Cuma Dipamerkan 1 Hari di IIMS 2022

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Secara umum, YZR-M1 2021 yang dipakai Quartararo tidak memiliki perbedaan spesifikasi dengan kepunyaan rekan setim Maverick Vinales.

Dari sisi tampilan, motor ini mengusung paduan warna hitam dan biru khas Yamaha. Kemudian, desain motor ini memiliki sayap tambahan untuk meningkatkan sisi aerodinamika.

Di mana fungsi utamanya untuk menambah gaya tekan ke bawah saat akselerasi.
Beranjak ke bagian rangka, YZR-M1 2021 menggunakan sasis aluminium twin tube dengan konstruksi Deltabox, dengan bobot hanya 157 kg.

Baca juga: Harga Pertamax Naik, Isi BBM Full Tank Avanza-Xenia Tembus Rp 537.500

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Sementara kaki-kaki mengusung sokbreker lansiran Ohlins, dengan jenis upside down pada bagian depan, dan monoshock di bagian belakang.

Berlanjut ke bagian pelek, motor ini ditunjang pelek 6 palang berukuran 17 inci berbahan magnesium yang dibalut dengan ban Michelin.

Sistem pengereman dilengkapi dengan dua buah cakram berbahan karbon ditemani dengan kaliper model floating 4-piston dari Brembo.

Baca juga: Kisaran Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Yamaha YZR-M1 2021KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha YZR-M1 2021

Sedangkan untuk sistem penghenti laju di bagian belakang juga menggunakan kaliper 4-piston dari Brembo dipasangkan dengan single stainless-steel rear disc.

Bicara soal mesin, motor ini mengusung dapur pacu 1.000 cc DOHC 4-silinder 16-katup liquid cooled yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 240 tk dikawinkan dengan transmisi 6-percepatan.

Motor balap Quartararo ini bisa dilihat di booth Yamaha, yang terletak di Hall C. Anda bisa mengabadikan atau sekadar mengambil foto, namun tidak diperkenankan menyentuh atau duduk di atas motor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com