Yamaha Siapkan Fitur Power Steering buat Sepeda Motor

Kompas.com - 29/03/2022, 14:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengembangan teknologi elektronik belakangan marak pada kendaraan roda dua. Jika sebelumnya sudah ada rem ABS dan kontrol traksi, ke depan fitur electronic power steering juga bakal ada di motor.

Dilansir dari Rideapart (29/3/2022), Yamaha kabarnya sedang mengembangkan sistem power steering elektrik baru untuk sepeda motornya.

Saat ini, sistem tersebut masih dalam tahap prototipe dan merupakan bagian dari Transforming Mobility Initiative Yamaha.

Baca juga: Pesaing Xmax dan Forza Meluncur, Harga Rp 46 Jutaan

Yamaha FJR1300 model 2016.asphaltandrubber Yamaha FJR1300 model 2016.

Fitur Bernama Yamaha Electric Power Steering (EPS) ini diharapkan bisa meningkatkan stabilitas dan kelincahan sepeda motor, khususnya pada motor yang menggunakan mesin yang lebih besar dan berat.

Yamaha EPS menggunakan sensor torsi magnetostriktif, yang berbeda dengan sistem power steering pada mobil.

Sensor ini beroperasi sebagai peredam kemudi pada kecepatan tinggi, sekaligus untuk membantu kemudi dapat stabil saat motor mengurangi kecepatan.

Aktuator EPS menggunakan sensor torsi untuk mengubah sinyal listrik menjadi gerakan fisik dan memberikan dua peran unit.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Hyundai Creta sampai 5 Tahun, Per Hari Rp 28.000

Yamaha WR 155RKompas.com/Donny Yamaha WR 155R

Saat digunakan peredam kemudi, EPS mengurangi gerakan setang yang tidak diinginkan pada kecepatan tinggi dengan menangkal tekanan luar yang diakibatkan perubahan permukaan jalan.

Pada saat motor dalam kecepatan rendah, Yamaha EPS ini berfungsi untuk membantu gerak setang sesuai dengan arahan dari pengemudi.

Kehadiran EPS ini dapat meningkatkan stabilitas dan kelincahan sepeda motor dengan memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.