Ketahui Bahayanya Manuver Tiba-tiba di Jalan Tol

Kompas.com - 29/03/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol merupakan fasilitas umum yang digunakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, perilaku pengguna jalan bebas hambatan sebenarnya tidak bisa diprediksi karena ada beragam.

Bisa saja ditemui pengguna jalan tol yang lambat di lajur kanan atau agresif sering pindah lajur dalam kecepatan tinggi. Selain itu sering juga terlihat pengemudi yang tidak hafal jalan sehingga salah mengambil exit tol.

Pengemudi yang salah ambil exit tol ini juga bermacam-macam, ada yang mundur lagi di lajur darurat, atau langsung memotong lajur dari paling kanan ke paling kiri. Tentu manuver tersebut sangat berbahaya jika dilakukan di jalan tol.

Baca juga: Penindakan Pelanggaran Melalui ETLE di Jalan Tol Berlaku 1 April 2022

Kondisi Sedan Timor B 8428 WX usai ditubruk truk yang hilang kendali dan tiba-tiba perpindah lajur di Jalan Raya Nganjuk-Madiun, Sabtu (12/3/2022). Foto: Satlantas Polres NganjukKOMPAS.COM/USMAN HADI Kondisi Sedan Timor B 8428 WX usai ditubruk truk yang hilang kendali dan tiba-tiba perpindah lajur di Jalan Raya Nganjuk-Madiun, Sabtu (12/3/2022). Foto: Satlantas Polres Nganjuk

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, manuver memotong lajur sangat berbahaya, terutama untuk kendaraan yang ada di belakangnya.

“Jelas bahaya, bisa saja kendaraan yang belakang tidak sigap dan terjadi tabrakan,” kata Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

Marcell mengatakan, saat mau pindah lajur, harus dilakukan dengan baik dan diperhitungkan, apakah aman dan boleh. Aman di sini artinya tidak ada kendaraan di belakang, boleh maksudnya di tempat yang semestinya.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Honda City Sedan Sebagai Penumpang

Manuver yang dia lakukan itu enggak boleh, melanggar Pasal 150 UU No. 22 Tahun 2009 di mana dia membahayakan keamanan dan keselamatan, berpotensi membahayakan,” ucap Marcell.

Sementara untuk pengemudi yang ada di jalan tol, ingat untuk selalu menjaga jarak aman. Tingkatkan rasa waspada agar bisa mengantisipasi pergerakan pengguna jalan tol yang suka tiba-tiba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.