Biaya Kepemilikan Hyundai Creta sampai 5 Tahun, Per Hari Rp 28.000

Kompas.com - 28/03/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Creta menjadi mobil pertama dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang diproduksi secara lokal. Mobil ini langsung menarik banyak peminat sejak pertama diluncurkan.

Hyundai mengklaim modelnya langsung dipesan lebih dari 1.000 unit dalam waktu beberapa bulan sejak peluncurannya. Secara desain, Creta memang cukup unik dan menarik, baik eksterior maupun interiornya.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi BBM Hyundai Creta Diajak ke Luar Kota?

Fitur-fitur yang disematkan juga tak kalah canggih dan lengkap dibandingkan dengan sport utility vehicle (SUV) sekelasnya.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Selain itu, performa mesin dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan dari Smartstream 1.5 L dirasa cukup mumpuni untuk dipakai harian maupun ke luar kota.

Dari segi perawatan rutin, HMID sempat menawarkan promo menarik saat periode pre-booking dengan gratis jasa dan suku cadang untuk empat tahun pertama.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Hyundai Creta di Dalam Kota

Sementara untuk normalnya, biaya perawatan berkala untuk Creta hingga 75.000 km atau lima tahun pemakaian, totalnya mencapai Rp 5.753.746.

Test drive Hyundai CretaKompas.com/Adityo Test drive Hyundai Creta

Sementara untuk pajak tahunan, HMID baru memiliki data untuk tipe Style. Tipe tersebut memiliki Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) senilai Rp 4.935.000. Sementara untuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) tetap Rp 143.000. Untuk tipe Prime atau tipe tertinggi, ada di kisaran Rp 5,3 jutaan.

Sehingga, jika dijumlahkan, maka biaya kepemilikan Hyundai Creta untuk tipe Prime per tahunnya menjadi Rp 10.053.746. Artinya, tiap bulan pemilik harus menyisihkan sekitar Rp 838.000. Jika dibagi lagi per hari, maka biayanya ada di kisaran Rp 28.000.

Posisi berkendara Hyundai CretaKompas.com/Donny Posisi berkendara Hyundai Creta

Hyundai Creta hadir dalam empat tipe, yakni Active dengan harga Rp 279 juta (OTR Jakarta), Trend Rp 319 juta (OTR Jakarta), Style Rp 359 juta (OTR Jakarta), dan Prime yang dibanderol Rp 399 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.