Mengemudi Mobil Transmisi Matik Hati-hati Salah Injak Pedal

Kompas.com - 29/03/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan parkir menggunakan mobil transmisi matik, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan pedal agar tidak salah injak.

Salah injak pedal bisa berakibat fatal baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain di sekitar kendaraan. Seperti yang terjadi belum lama ini seorang pengemudi mobil matik salah injak pedal saat parkir dan menyeruduk gerai Alfamart, Senin (28/3/2022) pagi.

Baca juga: Kenali Penyebab Oli Transmisi Mobil Matik Kerap Bocor

Dikutip dari Kompas Regional, Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Ipda Firman Abit Prasetya menjelaskan bahwa pengemudi mobil tersebut, warga Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, bukan menginjak pedal rem namun pedal gas, saat akan parkir di depan Alfamart.

Akibatnya, pintu kaca depan Alfamart beserta beberapa barang dagangan di dalamnya hancur. Beruntungnya, tidak ada korban yang luka atau meninggal dunia.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan parkir dengan mobil matik. Salah satunya, penempatan kaki pada pedal operasional mobil.

Pada saat parkir, pengemudi baiknya meletakkan kaki di pedal rem, bukan di pedal gas. Karena, kendaraan akan tetap bisa berjalan walaupun pedal gas dilepas. Dengan siap di pedal rem, pengemudi bisa dengan mudah menghentikan laju kendaraan.

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Baca juga: Tak Terima Ditegur Lawan Arus, Driver Ojol Aniaya Pengemudi Mobil

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC).

Pengemudi tidak perlu langsung menginjak pedal gas saat parkir, namun cukup dengan mengangkat pedal rem secara perlahan. Jika memang membutuhkan tenaga lebih, pedal gas harus diinjak secara perlahan saja.

Menurut dia, yang terpenting saat parkir pengemudi harus selalu bersikap waspada. Khususnya, jika melakukan parkir dalam posisi mundur.

Terakhir, pastikan juga area di sekitar kendaraan memungkinkan pengemudi untuk melakukan manuver, sehingga mobil dapat diparkir dengan aman dan minim risiko kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.