Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengemudi Mobil Transmisi Matik Hati-hati Salah Injak Pedal

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan parkir menggunakan mobil transmisi matik, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan pedal agar tidak salah injak.

Salah injak pedal bisa berakibat fatal baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain di sekitar kendaraan. Seperti yang terjadi belum lama ini seorang pengemudi mobil matik salah injak pedal saat parkir dan menyeruduk gerai Alfamart, Senin (28/3/2022) pagi.

Dikutip dari Kompas Regional, Kanit Laka Satlantas Polres Kudus Ipda Firman Abit Prasetya menjelaskan bahwa pengemudi mobil tersebut, warga Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, bukan menginjak pedal rem namun pedal gas, saat akan parkir di depan Alfamart.

Akibatnya, pintu kaca depan Alfamart beserta beberapa barang dagangan di dalamnya hancur. Beruntungnya, tidak ada korban yang luka atau meninggal dunia.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan parkir dengan mobil matik. Salah satunya, penempatan kaki pada pedal operasional mobil.

Pada saat parkir, pengemudi baiknya meletakkan kaki di pedal rem, bukan di pedal gas. Karena, kendaraan akan tetap bisa berjalan walaupun pedal gas dilepas. Dengan siap di pedal rem, pengemudi bisa dengan mudah menghentikan laju kendaraan.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," ujar Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC).

Pengemudi tidak perlu langsung menginjak pedal gas saat parkir, namun cukup dengan mengangkat pedal rem secara perlahan. Jika memang membutuhkan tenaga lebih, pedal gas harus diinjak secara perlahan saja.

Menurut dia, yang terpenting saat parkir pengemudi harus selalu bersikap waspada. Khususnya, jika melakukan parkir dalam posisi mundur.

Terakhir, pastikan juga area di sekitar kendaraan memungkinkan pengemudi untuk melakukan manuver, sehingga mobil dapat diparkir dengan aman dan minim risiko kecelakaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/29/091200715/mengemudi-mobil-transmisi-matik-hati-hati-salah-injak-pedal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke