Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Mobil DFSK Tak Kuat Menanjak

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @Dhearaputri. Dalam tayangan tersebut terlihat mobil DFSK Glory 580 terlihat kesulitan melewati jalan yang menanjak.

Mobil berkelir hitam itu terlihat dibantu oleh sejumlah orang untuk melewati tanjakan Geopark Ciletuh Jawa Barat.

Pada akhir tayangan, mobil itu pun terlihat berhasil melewati tanjakan setelah dibantu oleh sejumlah orang.

Sebelumnya, pada Desember 2020, tujuh pemilik DFSK Glory 580 Turbo CVT sempat melayangkan gugat terhadap PT Sokonindo Automobile.

Gugatan tersebut diberikan lantaran sport utility vehicle (SUV) tak kuat menanjak serta kendala teknis ketika berkerja di kondisi stop and go, baik saat digunakan di dalam kota atau luar kota.

Terkait kejadian ini tim redaksi sudah menghubungi Ahmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban.

Terlepas dari masalah tersebut, penting bagi pengemudi untuk mengetahui langkah-langkah tepat dalam menaklukan tanjakan terjal. Jika tidak, maka potensi terjadi hal yang tak diinginkan bisa muncul seperti mobil tak kuat menanjak hingga kecelakaan.

Menurut Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), secara umum ada tiga aspek penyebab mobil gagal menanjak yakni faktor manusia, permukaan jalan dan macet, serta kondisi kendaraan itu sendiri.

“Salah satu teknik yang bisa diambil pengemudi ialah mematikan traction control agar meredam gejala wheel spin (selip). Terkhusus, jika jalanan licin dan curam,” kata Jusri.

Sebab, pada kendaraan tersebut cenderung pengemudi refleks menginjak gas dengan dalam sehingga sistem menganggap adanya lonjakkan akselerasi kendaraan tiba-tiba.

“Ketika kondisi fitur traction control aktif, ketika terjadi seperti itu maka ban selip membuat momentum untuk melaju di tanjakan hilang. Akibatnya, bukan mobil maju malah semakin mundur ke belakang,” ucapnya.

Jusri membenarkan saat melewati tanjakan fitur traction control disarankan untuk dimatikan agar memberi penyaluran tenaga yang maksimal agar mobil tidak kesulitan melaju.

“Tapi harus didukung dengan injakan pedal gas (akselerasi) yang mengatur ritme putaran mesin terjaga tidak terlalu tinggi supaya mobil tetap bisa menanjak tanpa selip,” katanya.

Ketika sudah melewati jalanan dimaksud, jangan lupa untuk kembali mengaktifkan fitur traction control agar menambah keamanan dan kenyamanan berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/27/204822615/viral-video-mobil-dfsk-tak-kuat-menanjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke