Masalah Diplopia, Karier Balap Marc Marquez Terancam Tamat?

Kompas.com - 27/03/2022, 09:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez mengalami kecelakaan di Grand Prix of Indonesia pada sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022.

Pebalap asal Spanyol itu mengalami highside dan terjungkal dari atas motor. Marc kemudian dinyatakan kurang sehat dan tidak bisa mengikuti balapan perdana di Indonesia.

Tak lama kemudian disebut masalah matanya kembali mengganggu, Marc didiagnosa mengalami diplopia. Masalah mata yang menyerangnya kembali pada akhir 2021.

Baca juga: KTB Nilai Penyerapan Produk Euro 4 Tak Bisa Instan

Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022).AFP/SONNY TUMBELAKA Marc Marquez saat konferensi pers jelang MotoGP Mandalika. Gambar diambil pada Kamis (17/3/2022).

Belum ada konfirmasi soal masalah mata tersebut baik dari Marc atau Repsol Honda. Dalam postingan terakhirnya Marc hanya mengatakan sedang tidak ingin tersenyum dan berusaha untuk bangkit.

Usai masalah itu, tak sedikit yang mengomentari masalah yang dideritanya. Salah satunya Javier Coloma, spesialis oftalmologi dan bedah orbital di Klinik Bavaria dan Rumah Sakit HM La Esperanza di Santiago de Compostela.

"Kita harus menunggu untuk memahami sejauh mana diplopia. Dia menyadarinya lama setelah kecelakaan, jadi dia membuat kita berpikir itu tidak terlalu serius," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (27/3/2022).

Baca juga: Honda Rilis Civic Hybrid, Lebih Bertenaga dari Tipe RS

Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika bersama pebalap MotoGP lainnya (20/3/2022).BAY ISMOYO/AFP Marc Marquez saat melaju di Sirkuit Mandalika bersama pebalap MotoGP lainnya (20/3/2022).

Dr Javier mengatakan, saat ini tidak ada solusi definitif untuk cedera yang dialami Marc. Adapun penglihatan ganda dapat muncul kembali kapan saja:

“Saraf rusak, meskipun saya telah pulih penglihatan saya, pemulihannya tidak lengkap,” katanya.

“Setiap kali ada trauma atau peradangan, itu akan terjadi lagi. Karir Marc dalam bahaya karena dengan penglihatan ganda itu Anda tidak bisa mengemudi. Bahkan lebih pada level tertentu,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.