Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Terjadi Lagi Aksi Pengemudi yang Menghalangi Laju Ambulans | Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta

Kompas.com - 27/03/2022, 07:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi pengemudi yang menghalangi laju ambulans kembali terjadi. Kali ini video aksi tersebut diunggah oleh akun informasiterkinismr di Tiktok.

Terlihat di video tersebut ada mobil berwarna merah yang diduga menghalangi laju ambulans. Kejadian ini terjadi di Strat 3 Balikpapan pada hari Jumat (25/3/2022).

Pada keterangan video tersebut dituliskan kalau pengemudi mobil mengira ambulans dalam keadaan kosong, atau tidak membawa pasien. Namun sebenarnya, di kabinnya jelas ada pasien yang harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Kemudian, Ruas jalan di Indonesia memiliki kontur yang berbeda-beda, terkhusus saat berkendara di wilayah pegunungan atau perbukitan seperti pada jalur Puncak, Kabupaten Bogor.

Pada kawasan tersebut, tanjakan dan turunan curam menjadi sajian yang umum. Tapi tidak sedikit kasus kendaraan tiba-tiba mesinnya mati ketika lagi menanjak.

Oleh karenanya, guna memuluskan perjalanan pengendara percaya bisa dengan cara mematikan fitur air conditioner (AC). Benarkah demikian?

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 26 Maret 2022.

1. Terjadi Lagi Aksi Pengemudi yang Menghalangi Laju Ambulans

Menanggapi hal seperti ini, Marcell Kurniawan, Training Directon The Real Driving Centre mengatakan, kejadian tersebut memang ironis, di mana masyarakat ada yang tidak mau memberi jalan pada ambulans yang menyalakan sirene.

"Ada atau tidak ada pasien di dalam ambulans, bukan urusan kita, kewajiban pengguna jalan adalah memberi jalan," ucap Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Hal ini pun sudah jelas diatur pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 134. Ambulans menempati posisi kedua kendaraan yang memperoleh hak utama di jalan, di bawah kendaraan pemadam kebakaran.

Baca juga: Terjadi Lagi Aksi Pengemudi yang Menghalangi Laju Ambulans

2. Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta?

Jalanan menanjak dan menurun yang ekstrem jadi menu wajib di BromoKompasOtomotif Jalanan menanjak dan menurun yang ekstrem jadi menu wajib di Bromo

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi mengatakan, mematikan AC saat berkendara memang bisa mempengaruhi perfoma mesin.

“Mematikan AC saat melewati jalan menanjak memang bisa mempengaruhi kinerja mobil. Pasalnya kompresor AC digerakan oleh belt dan berputar mengikuti putaran mesin," katanya saat dihubungi Kompas.com.

"Sehingga ketika kompresor AC mati, otomatis beban mesinnya juga akan berkurang,” lanjut dia.

Baca juga: Mobil Harus Mematikan AC Saat Menanjak, Mitos atau Fakta?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com