Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 5 Fakta Menarik All New Honda HR-V di Indonesia

Kompas.com - 26/03/2022, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan All New HR-V. Tak hanya soal desain yang berubah, ada banyak hal baru yang disajikan pada generasi kedua medium SUV ini bagi para loyalisnya di Indonesia.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, konsep dari All New HR-V adalah Exceptionally Impressive yang dikembangkan sebagai SUV unik dan memukau guna mendukung gaya hidup konsumennya, baik melalui desain dan teknologi canggih.

"Yang kami hadirkan pada All New HR-V kali ini merupakan hasil studi dari konsumen di segmennya. Kebanyakan, dengan rentang harga tersebut, ingin memiliki SUV yang punya teknologi dan fitur lebih advance," ucap Billy saat berbincang di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Baru Meluncur, All New Honda HR-V Catat SPK 1.265 Unit

Seperti diketahui, generasi kedua SUV Honda ini tampil sangat berbeda. Visualnya benar-benar futuristik dengan kemasan yang bisa dibilang jauh lebih menggoda dari sebelumnya.

Tapi selain dari sisi tongkrongan, bila dikerucutkan lagi, ternyata ada banyak fakta-fakta menarik yang bisa ditemui pada HR-V generasi kedua ini.

  • Pertama di Dunia

Pertama dari sisi dapur pacu. Meski bukan negara pertama yang meluncurkan All New HR-V, tapi urusan aplikasi mesin turbo 1.500 cc yang terdapat pada varian RS, Indonesia menjadi yang pertama.

Mesin yang digadang-gadang serupa dengan CR-V Turbo ini, mampu memproduksi tenaga hingga 177 Ps atau 174,5 tk pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm. Dapur pacu ini lebih tinggi 37 tk dibandingkan versi 1.800 cc.

Baca juga: Respons Honda Soal HR-V Hybrid dan Permintaan Membawa Mobil Listrik

Mesin Honda HR-VDoc Honda Mesin Honda HR-V

"Mesin 1.500 cc ini akan digunakan juga ke depannya, tapi untuk saat ini Indonesia yang pertama menggunakan mesin ini. Mesinnya sama dengan CR-V Turbo tapi sudah disesuaikan untuk HR-V," kata Yoshitmo Ihashi, Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operation, Monozukuri Center.

  • RS SUV pertama

Selain mesin turbo, penyematan emblem RS pada HR-V juga menjadi yang pertama sekaligus menambah jajaran keluarga Road Sailing Honda di Indonesia.

Khusus varian RS memiliki ekstra fitur yang lebih berlimpah, seperti Aero Kit, Dual Chrome Exhaust Pipe Finisher, Stylish Black Interior and Leather-Trimmed Seat with Red Stitches, Door Upper Soft Pad, Leather-Wrapped Steering Wheel, 7 inci Interactive TFT Meter Cluster, 4-Speakers + 2 Tweeters, 3 mode berkendara (Sport, Normal, ECON), Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close, serta 6 Airbags.

Faktor ketiga, absennya transmisi manual. Hal ini cukup menarik, karena dari empat varian HR-V generasi baru yang disajikan, semuanya mengusung transmisi CVT, beda dengan versi sebelumnya.

Billy mengatakan, pertimbangan tak adanya pilihan transmisi manual bukan tanpa sebab, hal tersebut dilakukan selain mengikuti permintaan pasar, dari data penjualan memang 95 persen lebih pengguna HR-V didominasi varian CVT.

Perangkat keselamatan aktif Honda Sensing menjadi fitur standar pada All New HR-V di semua varian yang disajikan untuk pasar Indonesia. Artinya, mulai dari tipe terendah sudah memiliki teknologi yang serupa dengan Civic, Accord, dan Odyssey.

All New Honda HR-VKOMPAS.com/Nanda All New Honda HR-V

Baca juga: Bedah Fungsi Honda Sensing yang Jadi Fitur di Semua Tipe All New HR-V

Fitur yang terdapat pada Honda Sensing HR-V baru terdiri dari, Collision Mitigation Braking System (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

  • Kompetitif

Bicara soal harga, sekilas memang cukup tinggi. Tapi bila dibanding generasi sebelumnya, dengan segala pembaruan yang disediakan, kenaikan untuk tipe HR-V S, E, dan SE diklaim selisihnya hanya berkisar Rp 1 juta sampai Rp 3 jutaan

Honda HR-V RSDoc Honda Honda HR-V RS

"Untuk tipe S yang dulu sama yang sekarang bedanya Rp 3 juta, untuk E dan SE itu hanya Rp 1 juta. Kami cukup bangga bisa jual All New HR-V dengan selisih harga tersebut, tapi dari segi peningkatannya cukup jauh," kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com