Kompas.com - 26/03/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat melalui skema ganjil genap di lima tol masuk Kota Bandung, Jawa Barat tidak berlaku akhir pekan ini.

Keputusan diambil karena situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 yang dinilai sudah mulai menurun. Sehingga mobilitas sudah bisa kembali normal tapi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Nihil, pemberlakuan ganjil genap akhir pekan ini ditiadakan," kata Kepala satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu saat dikonfirmasi, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Bukan Asap, Ini Tanda Mobil Akan Terbakar

Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus Corona.KOMPAS.com/AGIE PERMADI Petugas gabungan dari Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melaksanakan penerapan ganjil genap di depan pintu gerbang Tol Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). Penerapan ganjil genap di lima titik gerbang tol Kota Bandung ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan arus kendaraan yang masuk selama akhir pekan guna menekan penyebaran virus Corona.

Adapun kelima tol dimaksud yaitu Tol Kopo, Tol Moch Toha, Tol Buah Batu, Tol Pasirkoja, dan Tol Pasteur.

Peniadaan ganjil genap ini berdasarkan rapat terbatas yang dilaksanakan bersama Satgas penanganan Covid-19.

Hal senada disampaikan Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kuswara.

Baca juga: Ganti Lampu Motor Jadi LED, Ini yang Wajib Diperhatikan

Polisi tengah menggelar ganjil genap dan memutar balikan kendaraan dengan nomor plat tak sesuai di GT tol Pasteur, Kota Bandung, Sabtu (19/3/2022).KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Polisi tengah menggelar ganjil genap dan memutar balikan kendaraan dengan nomor plat tak sesuai di GT tol Pasteur, Kota Bandung, Sabtu (19/3/2022).

Tak hanya ganjil genap, penutupan di beberapa ruas jalan d Kota Bandung pun ditiadakan seperti pada Jalan Asia Afrika, Lengkong Kecil, dan Dipati Ukur.

"Pekan ini ganjil genap ditiadakan termasuk penutupan jalan," kata dia.

Kemudian, sejumlah pelonggaran pun telah dilakukan pemerintah pusat seperti tidak pelrunya tes PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.