Kompas.com - 24/03/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Alih-alih meluncurkan versi HR-V baru dengan mesin hybrid, PT Honda Prospect Motor (HPM) justru melengkapi SUV compat terbarunya dengan mesin 1.500 cc Turbo untuk varian RS.

Mesin yang serupa dengan CR-V Turbo tersebut, diklaim pertama kali digunakan pada All New HR-V untuk pasar Indonesia.

Lantas apa pertimbangan Honda tak menghadirkan versi All New HR-V hybrid ke Tanah Air?

Apalagi sebelumnya Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, juga telah meminta Honda menghadirkan produk elektrifikasinya karena dianggap terlambat dibanding merek lain.

Baca juga: All New Honda HR-V Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 350 Jutaan

Menjawab hal tersebut, Business Innovation and Marketing & Sales PT HPM Yusak Billy mengatakan, HR-V yang diluncurkan saat ini memang belum ada varian hybrid. Pihaknya juga masih melakukan studi terkait elektrifikasi di Tanah Air.

"Dari studi yang kami lakukan untuk mobil yang masih diinginkan adalah yang menggunakan internal combustion engine (ICE). Tapi tentunya kami akan terus pelajari tiap potensi soal mesin apa ke depannya, lalu elektrifikasi apa yang cocok untuk konsumen di Indonesia," ucap Billy usai seremoni peluncuran All New HR-V secara virtual, Rabu (23/3/2022).

"Pastinya kami akan terus pelajari ke depannya, tapi untuk HR-V kali ini, kami tidak meluncurkan yang hybrid karena memang dari harga yang konsumen inginkan masih menggunakan harga dengan ICE," katanya.

Billy mengatakan, dari segi produk elektrifikasi, Honda pada dasarnya memiliki model yang cukup lengkap, termasuk teknologi. Mulai dari hybrid bahkan sampai listrik murni berbasis baterai.

Baca juga: Indonesia yang Pertama Gunakan Mesin 1.5L Turbo ke All New Honda HR-V

Honda HR-V RSDoc Honda Honda HR-V RS

Namun untuk pasar Indonesia, memang masih melakukan kajian terkait soal produk elektrifikasi dan model seperti apa yang paling sesuai. Billy juga menegaskan bukan tak mungkin nantinya HR-V hybrid akan hadir di Tanah Air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.