Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus AKAP Baru PO Bintang Utara Putra, Pakai Sasis Mercy dan Bodi Adiputro

Kompas.com - 24/03/2022, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro baru saja merilis dua bus baru milik PO Bintang Utara Putra. Kedua bus ini menggunakan bodi Jetbus MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626.

Untuk tampilan luarnya, masih menggunakan livery yang sama dengan unit lainnya, yakni kombinasi warna merah dan hitam. Kemudian di bagian samping terdapat livery berwarna merah dan kuning serta bintang-bintang.

Selain itu, untuk bagian depan juga dipasang empat lampu sorot tambahan. Modifikasi seperti ini memang umum dilakukan pada bus AKAP yang beroperasi di Sumatera karena jalanan yang dilewati masih ada yang gelap.

Baca juga: Bus Baru PO Bin Ilyas, Pakai Bodi Avante H8

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin, diisi dengan bangku berbahan fabric berwarna merah yang disusun dua kanan dan dua kiri (2-2).

"Untuk kabinnya ada sekat sopir, sekat smoking area, dan toilet," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (24/3/2022).

Sekat sendiri berfungsi untuk menambah kenyamanan penumpang. Kemudian bagi yang mau merokok, bisa memilih untuk di depan bersama kru atau di belakang dekat dengan toilet.

Baca juga: Bedah Fitur Keempat Varian All New Honda HR-V

Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara PutraDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putra

Posisi toilet dari bus baru PO Bintang Utara Putra ini juga cukup berbeda, yakni ada di sebelah kanan kabin. Sedangkan kebanyakan bus, posisi toiletnya ada di kiri, dan punya smoking area yang lebih kecil.

"Toiletnya ada di kanan sesuai permintaan customer, sehingga smoking area dekat dengan jendela pintu belakang. Di atas pintu belakang ini ada kaca alkan yang bisa dibuka," ucap Yohan.

Selain itu, ada dua bangku berukuran normal yang bisa duduki orang sambil merokok. Jika pakai toilet di kiri kabin, biasanya tidak ada bangku atau dipasang dengan ukuran yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com