Kompas.com - 23/03/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli kendaraan niaga seperti truk dan bus punya tahapan yang berbeda dibanding mobil penumpang biasa. Jika mau membeli mobil penumpang, bisa langsung ke diler dan mobil dikirim satu sampai tujuh hari ke rumah jika tidak inden.

Sedangkan untuk kendaraan niaga, prosesnya lebih panjang dan melibatkan beberapa industri, salah satunya adalah karoseri.

TY Subagio, Sekretaris Jenderal Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) menjelaskan sedikit langkah-langkah ketika mau membeli kendaraan niaga seperti truk atau bus.

Baca juga: Harapan Karoseri Jelang Penerapan Standar Emisi Euro4 Kendaraan Diesel

ban belakang buswidodogroho ban belakang bus

"Customer pertama datang ke diler untuk membeli sasis. Kemudian menunjuk karoseri yang membuat bodi kendaraan," ucap Subagio dikutip dari Youtube Kompas Otomotif, Selasa (23/3/2022).

Setelah terjadi kesepakatan antara pemilik sasis dengan karoseri, baru dibuatkan rancang bangun. Selanjutnya adalah terjadi produksi di karoseri dalam membuat bodi atau aplikasi sesuai pesanan dari customer.

Baca juga: Wacana Pengaspalan Total Sirkuit Mandalika, Ini Kata MGPA

"Setelah diproduksi, lalu diperiksa perhubungan dan diajukan untuk mendapatkan Surat Registrasi Uji Tipe. Kemudian baru diserahkan ke customer," ucapnya.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk truk, tetapi juga bus. Makanya sering terlihat sasis-sasis tanpa bodi yang sedang berjalan menuju karoseri, begitu pun dengan sasis truk yang bagian belakangnya masih kosong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.