Kompas.com - 17/03/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karet wiper mobil berperan penting menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara di tengah hujan. Jika komponen ini sudah getas, maka berpotensi merusak kaca mobil dan tidak optimal saat dipakai untuk membersihkan kaca dari air.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, ada dua tanda karet wiper yang sudah harus diganti.

"Dia keras, tidak menyapu air di kaca dengan baik. Atau, dia membuat kaca tergores," kata Bambang pada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Bahaya Menghidupkan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Untuk menghindari baret pada kaca mobil akibat kondisi wiper yang sudah tidak baik, pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti karet tersebut secara berkala.

Ketimbang menggunakan cara-cara alternatif, misalnya membersihkan karet dengan alkohol, membeli karet yang baru menjadi solusi yang lebih baik karena sudah pasti aman untuk kaca, dan juga harganya relatif terjangkau.

"Kalau terbukti memang efektif (mengembalikan keoptimalan karet wiper dengan alkohol), baru diikuti. Jangan coba-coba," ujar Bambang.

Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.Foto: Peugeot Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa penggantian karet wiper sebaiknya dilakukan rutin setiap enam bulan sekali.

"Idealnya setiap enam bulan sekali karet wiper ini sudah harus diganti, atau saat akan masuk musim penghujan," kata Didi.

Baca juga: Johann Zarco Mampir ke Rumah Crazy Rich Priok, Ahmad Sahroni

Ia menjelaskan, kerusakan karet bisa mengakibatkan frame atau blade pada wipers mengenai kaca saat wiper diaktifkan, sehingga menimbulkan baret.

"Untuk tipe wiper ini ada dua yang menggunakan frame atau blade dan yang tidak menggunakan frame, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing," ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.