Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Baca Maps sambil Naik Motor

Kompas.com - 16/03/2022, 19:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengendara motor yang sepenuhnya mengandalkan aplikasi GPS atau maps untuk berkendara.

Kebiasaan ini sangat membahayakan, khususnya jika melihat banyaknya kejadian pengendara motor yang berkendara masuk ke jalan tol akibat diarahkan aplikasi maps dan tidak fokus ke jalan.

Baca juga: Upaya Polda Metro Jaya Cegat Pengendara Motor Masuk Jalan Tol

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotions Wahana mengatakan bahwa memang saat ini banyak pengendara motor yang memanfaatkan aplikasi maps saat mencari tujuan di jalan.

Dengan aplikasi maps, pengendara seringkali diarahkan ke tempat tujuan melalui jalan alternatif atau memotong yang lebih efisien waktu. Sayangnya, tidak jarang aplikasi tersebut mengarahkan pengendara untuk masuk ke jalan tol.

"Dalam membaca maps, sebaiknya pengendara juga harus memperhatikan rute yang dilaluinya. Jangan sampai salah arah atau salah tujuan," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/3/2022).

Ilustrasi cara mencari titik koordinat di Google Maps pada lokasi yang tidak terdataUnsplash/Cardmapr Ilustrasi cara mencari titik koordinat di Google Maps pada lokasi yang tidak terdata

Ia menjelaskan, pengendara motor bisa melakukan antisipasi dengan cara mempelajari terlebih dahulu rute yang akan dilalui, sehingga saat berkendara, pandangan tidak terfokus pada aplikasi maps saja, namun lebih memperhatikan jalan di depannya.

"Jangan juga saat kita berkendara perhatian kita justru tertuju pada layar handphone, walaupun handphone tersebut telah ditemparkan di dasbor motor kita. Karena, pandangan kita saat berkendara harus selalu melihat jauh ke depan untuk mencari informasi jalan yang akan kita lewati," jelas dia.

Baca juga: Johann Zarco Mampir ke Rumah Crazy Rich Priok, Ahmad Sahroni

Terakhir, pengendara juga perlu memastikan bahwa rute yang disiapkan oleh aplikasi tersebut tidak mengarahkan pengendara lewat jalan alternatif yang tidak memungkinkan untuk dilalui motor.

"Sebaiknya saat membuka rute, pastikan rute yang akan dilalui adalah menggunakan rute sepeda motor, agar kita tidak diarahkan melewati jalan tol," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com