Kompas.com - 17/03/2022, 07:12 WIB
|

MATARAM, KOMPAS.com – Lalu lintas di sekitar Sirkuit Mandalika diprediksi bakal ramai pada akhir pekan ini. Bahkan kemacetan sudah diprediksi bakal terjadi karena kedatangan penonton MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat Kombes Djoni Widodo, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan yang akan berdatangan ke kawasan Mandalika.

“Pastinya kendaraan akan ramai, tetapi kami yakinkan tidak macet, pergerakan lancar,” ujar Djoni, disitat dari Antara (16/3/2022).

Baca juga: Johann Zarco Mampir ke Rumah Crazy Rich Priok, Ahmad Sahroni

Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

“Jadi ada dua rekayasa besar yang kita siapkan, itu dari lima koridor masuk sampai ke sirkuit,” ujar kata dia.

Rekayasa pertama dengan mengatur pergerakan kendaraan di luar kawasan Mandalika. Rutenya dari lima koridor masuk, para penonton sampai ke pos penyekatan terakhir di Bundaran Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Kabupaten Lombok Tengah.

“Dari Bundaran Bizam itu nanti akan dilakukan pemeriksaan kendaraan, apakah melalui jalur barat menuju Sengkol atau timur, melewati Jalan Bypass BIL-Mandalika ke Bundaran Sunggung,” ucap Djoni.

Baca juga: Bukan Motor Balap untuk MotoGP, Ini Daftar Motor yang Digunakan Parade

Foto udara tikungan ke 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.AHMAD SUBAIDI Foto udara tikungan ke 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.

Menurutnya, pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan berdasarkan stiker yang ditempel di kaca depan.

Pemeriksaan ini tidak hanya berlaku bagi shuttle bus, namun juga kendaraan lainnya yang hendak masuk menuju kawasan Mandalika.

“Kalau tidak ada stiker, kita minta putar balik,” kata Djoni.

Baca juga: Absen Ikut Parade, Fabio Quartararo Bersantai di Mandalika

Permukaan lintasan garis kerb setelah selesai dilakukan pengecatan di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (14/3/2022). Pertamina Mandalika International Street Circuit menggunakan cat jenis anti slip yang biasa digunakan di banyak lapangan olahraga.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Permukaan lintasan garis kerb setelah selesai dilakukan pengecatan di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (14/3/2022). Pertamina Mandalika International Street Circuit menggunakan cat jenis anti slip yang biasa digunakan di banyak lapangan olahraga.

Lebih lanjut, rekayasa lalu lintas itu nantinya akan berubah di hari terakhir pelaksanaan MotoGP 2022. Sekitar pukul 16.00 WITA, Djoni memastikan akses menuju kawasan Mandalika sudah ditutup.

“Jadi tidak boleh lagi ada kendaraan masuk. Kita berlakukan sistem satu arah. Jadi dua jalur masuk itu, Jalan BypassBIL-Mandalika dan Sengkol, itu diubah untuk jalur keluar,” ucap Djoni.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.