Kompas.com - 15/03/2022, 20:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Setir atau kemudi menjadi salah satu komponen paling vital dari mobil. Tanpa ada setir, mobil tidak akan bisa melaju dengan baik.

Jika setir mobil alami masalah atau tidak berfungsi dengan baik, akan mengganggu kinerja kendaraan saat melaju. Bahkan, dampak paling berbahaya dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Komparasi, Pilih Mana Honda Genio 2022 atau Yamaha Gear 125?

Setir mobil speleng adalah salah satu permasalahan yang kerap melanda kemudi kendaraan roda empat. Saat setir mobil speleng, mobil akan terasa goyang bahkan seperti hilang kendali.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika ada beberapa penyebab setir mobil speleng.

“Penyebabnya setir mobil speleng bisa dilihat dari tanda-tanda yang terlihat saat mobil digunakan melaju,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Ilustrasi mengemudi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi.

Didi menyebutkan, velg dan ban yang tidak balance atau tidak seimbang menjadi penyebab setir mobil goyang.

Ciri-cirinya dapat dikenali dari ban mobil yang bergetar namun posisi setir lurus saat kendaraan melaju.

Oleh karena itu, baiknya mobil harus di balance agar getaran tersebut hilang.

Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melewati jalan dengan medan yang berlubang, menggunakan kecepatan tinggi saat melaju atau sering melewati jalan yang jelek.

Baca juga: Industri Otomotif Nasional Dukung Aturan Euro 4 Kendaraan Diesel Tahun Ini

Kebiasaan berkendara seperti itu akan merusak ban yang berpengaruh pada kinerja setir. Pasalnya, ban menjadi komponen yang berhubungan dengan setir mobil.

Apabila ban alami masalah, maka fungsi dari setir mobil juga terganggu. Pada akhirnya setir mobil akan tidak stabil sehingga mudah ke kiri atau kanan dengan sendirinya.

“Cek tekanan ban apakah sesuai standar, cek permukaan ban, cek komponen roda depan dan setir apakah ada bagian yang aus atau rusak. Rutinlah melakukan spooring, sehingga posisi ban mobil tetap optimal,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.