Terapkan Standar Euro 4, Menperin Sebut BBM Sudah Siap

Kompas.com - 15/03/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa bahan bakar minyak (BBM) untuk mendukung penerapan standar emisi Euro 4 kendaraan diesel sudah siap di Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan kebijakan yang berguna untuk mengurangi tingkat emisi gas buang pada kendaraan bermotor mulai 7 April 2022 tersebut, bisa diterapkan secara optimal.

"Untuk penyebaran BBM solar berstandar Euro 4, kita sudah koordinasi dengan pihak ESDM dan Pertamina, serta pihak terkait lainnya," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Jokowi Dipastikan Tidak Ikut Konvoi Bareng Pebalap MotoGP di Jakarta

Hino Siap Sambut Euro4HMSI Hino Siap Sambut Euro4

"Jadi Insyaallah tidak ada masalah saat penerapannya," lanjut Agus.

Penerapan standar emisi Euro 4 sendiri, kata Agus, disebut akan turut berkontribusi meningkatkan industri otomotif nasional yang dampaknya terhadap Indonesia sangat besar.

Sebab, sektor terkait memiliki back linkage dan power linkage yang besar, di mana ada 21 perusahaan kendaraan yang terlibat dengan investasi 141 triliun dan kapasitas produksi 2,3 juta unit per tahun.

Kemudian, penyerapan kerjanya secara langsung maupun tidak langsung sangat besar, mengingat banyak keterlibatan Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rantai pasok dan tiap aktivitas industri.

Baca juga: Industri Otomotif Nasional Dukung Aturan Euro 4 Kendaraan Diesel Tahun Ini

Pelatihan standarisasi Euro 4 oleh Isuzu Astra Bogor demi menyambut Euro 4 dari PemerintahIsuzu Pelatihan standarisasi Euro 4 oleh Isuzu Astra Bogor demi menyambut Euro 4 dari Pemerintah

"Sektor otomotif telah terbukti menjadi bagian penting pada pertumbuhan ekonomi nasional, bukan hanya industri manufaktur. Kemudian, sektor ini juga bisa berkontribusi pada lingkungan," kata dia.

"Tentang Euro 4 sendiri, saya ingatkan kembali bahwa mulai 12 April 2022 sudah ada ketentuan dan regulasi bahwa mobil baru yang diproduksi di Indonesia harus berstandar Euro 4," lanjut Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.