Bahas Desain Motor Retro Benelli Imperiale 400

Kompas.com - 13/03/2022, 08:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen retro klasik cukup besar di Indonesia atau setidaknya punya penggemar yang terjaga. Karena itu beberapa produsen setia menawarkan motor berpenampilan jadul.

Salah satu yang terjun di segmen motor retro klasik ialah Benelli Imperiale 400. Lewat tampilan klasik yang memikat, motor ini hadir mengisi celah di segmen motor retro klasik kelas 400cc.

Benelli Imperiale 400 pertama kali diperkenalkan di IIMS Motobike Expo 2019. Saat itu Imperiale 400 meluncur bersama dua model lain yaitu Benelli TRK 251 dan Benelli TRK 502.

Baca juga: Honda Goda Pengunjung JAW dengan Promo Khusus

Benelli Imperiale 400KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Kompas.com akhirnya menjajal Imperiale 400. Ada beberapa poin yang bisa diulas dari tes kali ini. Tapi untuk pertama Kompas.com, akan membahas soal desain. Sebab desain punya pengaruh kuat dalam sebuah produk.

Desain atau tampilan eksterior merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh calon konsumen. Ketertarikan desain merupakan salah satu faktor konsumen mau membeli produk.

Imperiale 400 meramaikan pasar motor sport retro kelas menengah yang saat ini diisi Royal Enfield Classic 350. Skema desain motor ini mengambil lekuk dari Benelli Motobi era 50-an.

Baca juga: Toyota Pamer Jajaran Mobil Andalan di JAW 2022

Benelli Imperiale 400KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Sesuai temanya retro klasik tampilan Imperiale 400 ala motor klasik. Lampu depan bulat besar mejadi ciri khas motor klasik, kemudian fender depan makin mencirikan motor zaman dulu.

Panel kluster ala gendeng dengan dua bulatan. Sebelah kiri untuk speedometer dan kanan rpm. Di bagian tengah ada penunjuk bensin dan sudah digital.

Tangkinya model tear drop motor jadul. Makin klasik, tangki berkapasitas 12 liter itu punya grafis desain warna emas yang sederhana. Kemudian di bagian sisinya ada tank pad buat lutut.

Bentuk joknya juga khas motor dulu. Bagian pengendaranya model pelana dan memakai per di bagian bawahnya. Sedangkan untuk pembonceng bentuknya lurus dan di belakangnya ada pegangan.

Baca juga: Deretan Mobil Diskon PPnBM Toyota Hadir di Jakarta Auto Week 2022

Benelli Imperiale 400KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Bentuk fender belakang cukup minimalis "agak" lebar. Di bagian ujungnya ada lampu setop warna merah dengan model oval ditambah sein bulat warna kuning.

Imperiale 400 yang ada di Indonesia tersedia warna hitam. Semua bagian bodinya warna hitam sampai ke suspensi depan belakang dan bagian mesin. Hanya knalpot dan dan pelek berwarna metal.

Sebagai pemanis aksen krom terlihat di lingkar ujung lampu depan, mangkok sein depan belakang, pegangan lampu belakang, serta spion berbentuk oval.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.