Video Dasbor Mobil Hangus Terbakar Akibat Korek Gas Meledak

Kompas.com - 13/03/2022, 07:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan dasbor mobil terbakar akibat korek gas yang meledak.

Dalam rekaman tersebut, nampak dasbor meleleh, kaca depan retak, dan area plafon mobil juga terbakar.

Ini gara-gara korek api yang, di taruh di dasbor terus kena panas, jadi meleduk. Kepanasan, kejemur, terus meleduk semuanya. Pokoknya hati-hati ya teman-teman kalau menaruh korek api di dasbor jangan ditinggalin diambil aja,” ucap wanita yang merekam video tersebut.

Baca juga: Air Tetap Dibutuhkan Saat Memadamkan Mobil Terbakar

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut sangat mungkin terjadi, sebab, korek gas merupakan bahan yang bisa memicu kebakaran di dalam mobil.

Terlebih jika mobil tersebut parkir di ruang terbuka di bawah cuaca terik dalam waktu lama.

Korek gas yang terpapar panas tinggi di dalam mobil, menyebabkan gas menjadi panas dan bertekanan sehingga dapat meledak,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (12/3/2022).

@toy_roses

jgn meninggalkan korek api gas d dashboard mobil dalam kondisi cuaca lagi panas terik matahari.

? suara asli - Sugianto9635toy

Selain korek gas, ada beberapa benda lain yang memiliki potensi untuk meledak dan pantang untuk ditinggalkan di dalam mobil.

Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, perangkat elektronik yang memiliki baterai dengan berbahan lithium sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil, contohnya handphone dan powerbank.

“Handphone atau powerbank, bahkan baterai ABC yang kecil saja sebenarnya tidak boleh diekspos terhadap panas berlebih,” kata Anjar.

Baca juga: Toyota Pamer Jajaran Mobil Andalan di JAW 2022

Anjar melanjutkan, kebakaran besar yang terjadi pada mobil faktor utamanya justru bukan dari gawai yang meledak. Namun karena kecerobohan pengemudi yang menaruh gawai di sembarang tempat seperti di jok mobil atau dasbor.

“Padahal ledakan gawai sebenarnya hanya menghasilkan percikan api yang tidak terlalu besar, namun karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.