Kompas.com - 12/03/2022, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain produk baru, pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, juga menghadirkan deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM. Salah satunya produk buatan Toyota.

Daftar mobil yang mendapat diskon PPnBM tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian No. 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah yang Ditanggung oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Baca juga: Toyota Resmi Kenalkan Skuad Gazoo Racing Indonesia

Berlaku hingga September 2022, total terdapat 16 produk yang masuk ke daftar, yaitu mobil berjenis low cost green car (LCGC).

Sementara itu, untuk mobil yang dibanderol mulai Rp 200 juta sampai Rp 250 juta dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc berlaku selama kuartal I tahun ini.

Toyota hadirkan deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM di Jakarta Auto Week 2022Dok. TAM Toyota hadirkan deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM di Jakarta Auto Week 2022

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung kebijakan dan program Pemerintah Indonesia, termasuk program PPnBM.

"Bahkan, kami telah mendaftarkan total 13 tipe dari 4 model untuk mensukseskan program PPnBM di 2022," kata Henry, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Ramaikan JAW 2022, Toyota Tak Pasang Target Khusus

"Kami berharap, keikutsertaan Toyota di JAW 2022 dapat memberikan solusi mobilitas secara menyeluruh yang inovatif serta memberikan nilai tambah, dan memberikan efek domino yang positif terhadap value chain industri otomotif nasional," ujarnya.

Toyota hadirkan deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM di Jakarta Auto Week 2022Dok. TAM Toyota hadirkan deretan mobil yang mendapat diskon PPnBM di Jakarta Auto Week 2022

Untuk diketahui, skema pemberian diskon PPnBM LCGC dibebankan PPnBM sebesar 0 persen alias gratis pada kuartal I Januari-Maret 2022, PPnBM 1 persen pada kuartal II April-Juni 2022, dan PPnBM 2 persen pada kuartal III Juli-September 2022.

Sisanya pada kuartal IV Oktober sampai Desember, LCGC akan dikenakan PPnBM normal yakni sebesar 3 persen.

Untuk mobil 1.500 cc ke bawah, diberikan diskon PPnBM sebesar 50 persen pada periode Masa Pajak Januari 2022 sampai dengan Maret 2022. Artinya, pada tiga bulan pertama 2022, mobil jenis itu hanya dikenakan PPnBM 7,5 persen dari normalnya sebesar 15 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.