Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersaing di Tengah Pandemi, Michelin Tingkatkan Kapasitas Produksi

Kompas.com - 09/04/2021, 19:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kondisi pandemi, produsen ban asal Prancis, Michelin, akan meningkatkan kapasitas produksinya untuk meningkatkan level daya saing. Khususnya, untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia.

Executive Vice President untuk Manufaktur Michelin Jean-Christophe Guerin, mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Baca juga: Michelin Rilis Ban Khusus buat Mobil Sport Listrik

"Hal ini berarti meningkatkan jumlah produksi lokal di masing-masing wilayah regional untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal," ujar Guerin, dalam acara Michelin Capital Markets Day 2021, secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Ban Michelin hentikan penggunaan plastik pembungkus banDok. Michelin Indonesia Ban Michelin hentikan penggunaan plastik pembungkus ban

Pada 2020, kapasitas produksi ban Michelin di Asia mencapai 18 persen dari total kapasitas produksi Michelin di seluruh dunia.

Pada 2023, kapasitas ini akan ditingkatkan hingga mencapai 22 persen untuk fokus melayani kebutuhan pasar regional terutama Asia.

Penambahan kapasitas ini terutama akan diprioritaskan di Cina, Thailand, dan Indonesia, di mana Michelin memiliki fasilitas manufaktur yang cukup besar.

Baca juga: Lirik Dunia Motor Custom, Michelin Siapkan Ban Model Klasik

Khusus di Indonesia, penambahan kapasitas berasal dari pabrik ban milik Michelin, PT. Multistrada Arah Sarana (MASA).

Michelin saat ini telah menginvestasikan dana untuk memodernisasi proses produksi untuk secara bertahap meningkatkan kapasitas produksi Multistrada, terutama untuk ban roda dua dan ban kendaraan penumpang.

PT MASA sendiri merupakan produsen ban mobil Achilles dan ban motor Corsa, yang diakuisi sahamnya sebesar 87,58 persen oleh Michelin pada Maret 2019 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com