Kompas.com - 08/03/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Layaknya tempat kursus mengemudi mobil, pengendara sepeda motor pemula juga bisa berlatih mengemudikan motor di tempat-tempat latihan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tempat berlatih untuk mengemudikan mobil memang lebih banyak.

Baca juga: Pelatihan Safety Riding Belum Dianggap Penting di Indonesia

"Walaupun tidak mempunyai tempat khusus, karena mereka (lembaga kursus mobil) akan langsung berkendara di jalan raya untuk praktiknya," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Sedangkan tempat pelatihan untuk motor umumnya memiliki tempat khusus, berbeda dengan lembaga kursus atau pelatihan mengemudikan kendaraan roda empat.

"Untuk motor, tempat pelatihan yang resmi saat ini adalah yang dimiliki oleh Honda, ada 9 tempat di 9 kota besar yang bisa dikunjungi untuk melakukan pelatihan berkendara," ucap Agus.

First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).Foto: AHM First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Sebelum ke Mandalika, Para Pebalap MotoGP Bertemu Jokowi di Jakarta

Ia menjelaskan, lokasi-lokasi ini bisa dilihat pada situs resmi Astra Honda Motor (AHM).

Namun, Agus menjelaskan ada alternatif bila pengendara motor tidak dapat mengunjungi tempat pelatihan tersebut, yaitu berlatih di tempat yang luas dan lapang.

"Yang terpenting adalah harus mengetahui cara berkendara yang aman, serta paham proses-proses untuk mengendarai kendaraan. Serta, mengetahui fungsi-fungsi dan instrumen yang ada pada kendaraan yang akan dipelajarinya," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.