Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini jika Ingin Belajar Naik Motor

Kompas.com - 08/03/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Layaknya tempat kursus mengemudi mobil, pengendara sepeda motor pemula juga bisa berlatih mengemudikan motor di tempat-tempat latihan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, tempat berlatih untuk mengemudikan mobil memang lebih banyak.

Baca juga: Pelatihan Safety Riding Belum Dianggap Penting di Indonesia

"Walaupun tidak mempunyai tempat khusus, karena mereka (lembaga kursus mobil) akan langsung berkendara di jalan raya untuk praktiknya," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Sedangkan tempat pelatihan untuk motor umumnya memiliki tempat khusus, berbeda dengan lembaga kursus atau pelatihan mengemudikan kendaraan roda empat.

"Untuk motor, tempat pelatihan yang resmi saat ini adalah yang dimiliki oleh Honda, ada 9 tempat di 9 kota besar yang bisa dikunjungi untuk melakukan pelatihan berkendara," ucap Agus.

First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).Foto: AHM First ride All New Honda Vario 160 di AHM Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, Rabu (2/2/2022).

Baca juga: Sebelum ke Mandalika, Para Pebalap MotoGP Bertemu Jokowi di Jakarta

Ia menjelaskan, lokasi-lokasi ini bisa dilihat pada situs resmi Astra Honda Motor (AHM).

Namun, Agus menjelaskan ada alternatif bila pengendara motor tidak dapat mengunjungi tempat pelatihan tersebut, yaitu berlatih di tempat yang luas dan lapang.

"Yang terpenting adalah harus mengetahui cara berkendara yang aman, serta paham proses-proses untuk mengendarai kendaraan. Serta, mengetahui fungsi-fungsi dan instrumen yang ada pada kendaraan yang akan dipelajarinya," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com