Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Persiapkan Mobil Listrik Minicab MiEV untuk Indonesia

Kompas.com - 08/03/2022, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan sedang persiapkan Minicab MiEV untuk masuk dalam proyek percontohan alias pilot study bersama mitranya di dalam negeri.

Dengan studi tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih lanjut dan eksplorasi untuk aplikasi penggunaan kendaraan listrik jenis komersial dalam aktivitas bisnis.

Adapun langkah pertama dari perseroan untuk masuk era elektrifikasi ini, akan terbatas sebelum pada akhirnya nanti ditawarkan secara luas ke pasar nasional.

Baca juga: Kemenperin Bilang Industri Minta Zero ODOL Ditunda Sampai 2025

Mitsubishi Minicab-MiEV, mobil listrik bernuansa retro dengan desain boxy pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show 2011.KOMPAS.com/Gilang Satria Mitsubishi Minicab-MiEV, mobil listrik bernuansa retro dengan desain boxy pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show 2011.

"Kami sedang mempersiapkan kendaraan Minicab MiEV untuk melakukan pilot study bersama mitra-mitra. Kami berharap bisa eksplorasi mengenai penggunaan EV komersial seperti verifikasi data penggunaan aktual," ujar President Director MMKSI Naoya Nakamura kepada Kompas.com, Senin (8/3/2022).

"Termasuk juga mengenai jarak tempuh, riwayat pengisian daya, dan rute pengiriman," lanjut dia.

Sayangnya, Naoya masih enggan mengungkapkan lebih jauh mengenai time line atau waktu pelaksanaan pilot study tersebut. Tidak terkecuali, mengenai durasi studi yang hendak dilakukan.

Hanya saja, dapat dipastikan bahwa langkah terkait akan menjadi salah satu upaya perseroan dalam mendukung target pemerintah atas program percepatan kendaraan bermotor listrik di Indonesia.

Mitsubishi Minicab MiEVKompas.com/nanda Mitsubishi Minicab MiEV

"Diketahui bahwa MiEV sudah terbukti di jepang sebagai kendaraan atau mobil operasional," katanya.

"Guna membuktikan utilitas MiEV untuk penggunaan pelanggan di Indonesia, kami mencari peluang untuk mengembangkan EV masa depan Mitsubishi Motors berdasarkan Hasil Uji Pasar PoC di Indonesia," tambah Naoya.

Kehadiran MiEV di Indonesia sebelumnya telah diungkapkan secara tidak langsung oleh Director of Product Strategy Division PT MMKSI, Hikaru Mii saat berbincang bersama beberapa wartawan.

Baca juga: Spesifikasi Minicab MiEV, Mobil Listrik Mungil yang Dicoba Jokowi

Mitsubishi Minicab MiEV jadi mobil listrik mungil yang dikendarai Jokowi pada ajang GIIAS 2021.Dok Sekretariat Presiden Mitsubishi Minicab MiEV jadi mobil listrik mungil yang dikendarai Jokowi pada ajang GIIAS 2021.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan keadaan Indonesia, menghadirkan mobil niaga listrik lebih relevan. Sebab, limitasi jarak tempuh dan harga masih jadi persoalan besar.

"Sektor bisnis lebih cocok untuk EV. Itu poin kami di sini. Tentu kendaraan penumpang itu penting, tapi langkah pertama kami adalah di commercial vehicle," ujarnya.

Kemudian rencana besar tersebut dibawa ke sesi talkshow pada pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS). Di mana, MiEV akan masuk proses studi yang melibatkan beberapa perusahaan dan pemerintahan di 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com