Salin Artikel

Marc Marquez Sebut Motor MotoGP Lebih Baik Tanpa Winglet

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan adanya regulasi penyeragaman Electronic Control Unit (ECU), motor balap MotoGP tidak bisa banyak diutak-utik dari segi elektronik. Sehingga, pabrikan harus mencari cara lain untuk memaksimalkan performa motor.

Akhirnya, Ducati menemukan cara untuk meminimalkan risiko motor mengalami wheelie saat berakselerasi, yakni menggunakan winglet. Dengan adanya perangkat aerodinamika ini, ban jadi memiliki traksi yang lebih baik.

Sempat menjadi pro dan kontra, tapi pada akhirnya semua pabrikan mengembangkannya dan menggunakannya pada motor masing-masing. Sebab, efeknya memang terbukti lebih baik dibandingkan tanpa winglet.

Namun, ada juga pebalap yang lebih menginginkan motor MotoGP tanpa winglet, salah satunya adalah Marc Marquez. Menurutnya, winglet membuat motor lain menjadi sulit untuk menyalip.

"Ketika saya datang tanpa winglet, sejujurnya, untuk pertunjukkan itu lebih baik. Lebih mudah untuk menyalip, Anda bisa merasakan slipstream," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Jumat (4/3/2022).

Marquez menambahkan, sekarang ini ketika berada di belakang pebalap lain, motor akan bergoyang secara tidak wajar. Tapi, tanpa winglet akan lebih sulit mengendarai motor, lebih mudah melakukan kesalahan.

Ketika awal-awal winglet digunakan oleh Ducati, pebalap lain yang menjadi rival sudah menyebutkan bahwa berada di belakangnya seperti mengalami turbulensi.

"Sekarang lebih mudah untuk dikendarai dan lebih sulit untuk melakukan kesalahan, Anda harus mengendarainya dengan halus, tapi untuk mengikuti seseorang akan lebih sulit," kata Marquez.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/05/094200515/marc-marquez-sebut-motor-motogp-lebih-baik-tanpa-winglet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.