Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Puncak Bogor Macet, Polisi Lakukan Pengalihan Arus Lalu Lintas

Kompas.com - 27/02/2022, 14:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hari kedua libur panjang, Minggu (27/2/2022) arus lalu lintas kendaraan di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau padat.

Dikutip dari Regional Kompas.com, kondisi kepadatan atau kemacetan tersebut terpantau terjadi mulai Simpang Gadog sampai Pasir Angin arah Pasar Cisarua.

Kendaraan terlihat mengular hingga dua kilometer lebih dari Simpang Gadog. Bahkan bus pariwisata juga terlihat mengular keluar dari Exit Gerbang Tol (GT) Ciawi atau KM 45 dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor.

Baca juga: Jasa Marga Perbaiki Gardu 10 GT Bekasi Timur, Tidak ada Rekayasa Lalin

Petugas kepolisian pun terlihat melakukan pengalihan arus kendaraan ke arah Ciawi atau satu arah secara situasional di jalur tersebut.

KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, arus kendaraan dari dan ke arah wilayah wisata Puncak Bogor terpantau meningkat selama akhir pekan ini. Terlebih, akhir pekan ini juga bertepatan dengan tanggal merah atau libur perayaan Isra Miraj tahun 2022.

Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem one way atau satu arah menuju Jakarta di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem one way atau satu arah menuju Jakarta di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022)

“Kemacetan memang kalau kita lihat sampai 2 Km lebih. Kemacetan terjadi mulai pukul 10.30 WIB sampai saat ini,” ucap Ketut.

Pihaknya pun menerapkan kebijakan situasional berupa pemberlakuan satu arah ke bawah atau ke Jakarta. Pengendara yang hendak naik diminta untuk menunggu sitem one way selesai atau diberlakukannya kembali ganjil genap.

Baca juga: Selisih Rp 5 Jutaan, Mending VW T-Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

Sebab, kendaraan menuju atas atau Puncak dihentikan sementara di Exit GT Ciawi atau sekitaran Pospol Simpang Gadog.

“Karena ada kepadatan ini, kita akan laksanakan rekayasa lalin penarikan arus dari Jakarta menuju ke Puncak secara bergantian,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com